PERANCANGAN APLIKASI PANDUAN BELAJAR MENGENAL ILMU TAJWID BERBASIS ANDROID

  • Haryuningsih Haryuningsih
Keywords: Aplikasi, Ilmu tajwid, Panduan Belajar

Abstract

Ilmu tajwid merupakan ilmu yang paling utama yang perlu dipelajari terlebih dahulu dari ilmu yang lainnya, karena hukum mempelajari ilmu tajwid adalah fardhu ‘ain. Didalam Membaca alquran terdapat banyak hukum tajwid, untuk itu membaca alquran haruslah sesuai dengan tajwid dan pengucapan yang baik dan benar, Didalam aplikasi ini memberikan panduan tentang hukum tajwid seperti izhar, ikhfa, iqlab dan idgam disertai dengan huruf dan contoh bacaannya. Aplkasi ini juga tersedia tes untuk menguji kemampuan bagi pengguna yang sedang belajar ilmu tajwid. Alat perancangan yang digunakan yaitu Usecase, Activity Diagram, dan Sequence Diagram. Pembuatan aplikasi ini menggunakan sistem operasi android karena membuat pengguna bisa menggunakannya dimana saja dan kapan saja tanpa terbatas oleh waktu.

References

Achmad Roesyadi Mandasini.2014.Aplikasi pembelajaran ilmu tajwid berbasis android.Makassar: UIN Alaudin Makassar.

Andi Juansyah.2015.”pembangunan aplikasi child tracker berbasis aasisted-global positioning system(A-GPS) dengan platform android”, Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika(KOMPUTA), Volume 1. ISSN :2089-9033.

Eri satri, Dewi Tresnawati dan Anita nur Vitrya,2015.”pengembangan aplikasi pembelajaran iqra’ dan tajwid berdasarkan metode asy-syafi’I menggunakan sistem multimedia”, Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, Vol.12 No.1.

Ginanjar Akbar.2013.”metode pembelajaran alquran melalui media online”, Indonesian Jurnal on Networking and Security(IJNS), Volume 2 No 1:2302-5700.

Henda Nugraha Lengkong, Alicia A.E Sinsuw, Arie S.M Lumenta.2015.”Perancangan Penunjuk Rute Pada mendaraan Mobile GIS Berbasis Android Yang Terintegrasi pada Google Maps”, E-Journal Elektro dan Komputer. Hal 18-25

Juharna, Silvia Krisnadewi, Ahmad Fahmi Firdaus.2016.”Perancangan Aplikasi Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Ilmu Tajwid pada Pondok Pesantren Al-Mansyuriyah”, Jurnal Sispotek Global.Vol.6, No.2.

Nurma Sugiyarti.2016.” perancangan aplikasi perangkat ajar ilmu tajwid dasar berbasis multimedia untuk siswa sd dengan flash macromedia”, jurnal Teknik informatika STMIK antar bangsa, Vol 2 No 1:2442-2444.
Published
2019-12-30