RANCANG BANGUN ALAT PENGERING PAKAIAN OTOMATIS BERBASIS ARDUINO

  • Meilia Indriati Putri
Keywords: Arduino, Sensor Kelembaban, Modul Bluetooth

Abstract

Pengering pakaian adalah salah satu masalah besar yang dihadapi oleh ibu rumah tangga yang diakibatkan oleh beberapa faktor diantaranya perubahan iklim yang terjadi pada saat ini menyebabkan kondisi cuaca susah ditebak, hal ini menyebabkan perubahan cuaca yang secara tiba-tiba dari panas ke hujan ataupun sebaliknya . Akibatnya banyak aktifitas yang bisa terganggu akibat hal tersebut, diantaranya adalah sulit untuk mengeringkan pakaian.Skripsi ini berisikan tentang  sistem kendali alat pengering pakaian berbasis Android Menggunakan Arduino. Fitur yang ada dalam sistem tersebut antara lain Arduino sebagai Kontroler dan Sensor Kelembaban sebagai pendeteksi apakah pakaian lembab atau kering, Modul Bluetooth sebagai media Interface. Berdasakan hal tersebut, dibuatlah sistem kendali alat pengering pakaian berbasis Android Menggunakan Arduino sehingga dapat membantu meringankan pekerjaan ibu rumah tangga terutama dalam pengeringan pakaian.

References

Adnan Feriska dan Dedi Triyanto, 2017 “Rancang Bangun Penjemur dan Pengering Pakaian Otomatis Berbasis Mikrokontroler”,Jurusan Sistem Komputer, Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura Jalan Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, Volume 05, No. 2 (2017), hal. 67-76, ISSN : 2338-493X.

Marlius Ardi dan Hikmatul Amri, 2015 “Analisa Rancang Bangun Alat Pengering Pakaian Otomatis“, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bengkalis, Bengkalis, email: hikmatul_amri@polbeng.ac.id., Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bengkalis, Bengkalis, email: marlius.ardi94@gmail.com.

Nazli, R. (2018). Pemodelan Aplikasi Mobile Modul Perkuliahan Berbasis Client Server. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 1(1), 25-32.

PK Purwadi dan Wibowo Kusbandono, 2016 “Inovasi Mesin Pengering Pakaian Yang Praktis, Aman dan Ramah Lingkungan”, Teknik Mesin Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Sanata Dharma, Volume 15 Nomor 2 2016, ISSN : 1412-7350.

Syam, E. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Data Mahasiswa Dan Dosen Terintegrasi. IT Journal Research and Development, 2(2), 45-51.

https://splashtronic.wordpress.com/2012/05/13/hc-05-bluetooth-to-serial-module/

https://indraharja.wordpress.com/2012/01/07/pengertian-buzzer/.
Published
2019-12-30