SISTEM INFORMASI ABSENSI GURU, SISWA, DAN PENJADWALAN MATA PELAJARAN PADA SMA NEGERI 1 INUMAN BERBASIS WEB

  • Neneng Qiswani
Keywords: Sistem Informasi, PHP, MySQL, Database

Abstract

SMA Negeri 1 Inuman merupakan salah satu sekolah menengah atas yang berdiri pada tahun 2005 terletak di desa Koto Inuman, Kabupaten Kuantan Singingi. Dalam pendataan absensi kehadiran maupun keterlambatan siswa dan guru masih dilakukan dengan manual yaitu dengan cara menuliskan kehadiran kedalam buku absensi yang telah disediakan oleh pihak sekolah. Dengan adanya permasalahan tersebut maka peneliti membangun sebuah sistem informasi tentang absensi guru, siswa dan penjadwalan matapelajaran berbasis web, dengan adanya sistem informasi ini maka informasi keterlambatan, ketidakhadiran siswa dan guru serta jadwal matapelajaran dapat dilihat pada website sekolah yang penulis rancang,  tidak hanya itu data juga tersimpan dalam bentuk database sehingga pada saat rekapitulasi absensi dan penjadwalan mata pelajaran menjadi lebih mudah.

References

Arjon Samuel Sitio dan Evolusi Laia. 2014. Perancangan Dan Pembuatan Sistem Informasi Sistem Informasi Absensi Mahasiswa Berbasis Web Pada STMIK Pelita Nusantara Medan. Jurnal Mantik Penusa Vol 16 No 2 Desember 2014.

Haswan, F. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pendataan Penduduk Kelurahan Sungai Jering Berbasis Web Dengan Object Oriented Programming. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 1(2), 92-100.

Heri Kuswara dan Deni Kusmana. 2017. Sistem Informasi Absensi Siswa Berbasis Web Dengan SMS Gateway Pada Sekolah Menengah Kejuruan Al – Munir Bekasi. Indonesian Journal on Networking and Security - Volume 6 No 2.

Kadir A. 2013. Pemrograman Database MySQL. Yogyakarta: Mediakom.

Latif Cahyono. 2017. Pengembangan Sistem Informasi Absensi Siswa Berbasis Web Di Smk Ypkk 1 Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Informatika.
Published
2019-12-30