SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PELAPORAN PELAKSANAAN IZIN LINGKUNGAN PADA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Raissa Pramudita Inema
Keywords: Pelaksaan Izin Lingkungan, Administrasi, Pelaporan Izin, Sistem Informasi

Abstract

Dinas Lingkungan Hidup merupakan unsur pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah dibidang Lingkungan Hidup. Dinas Lingkungan Hidup memiliki sebuah sistem informasi administrasi pelaporan pelaksanaan izin lingkungan yang sistemnya masih menggunakan cara manual yaitu masih mengunakan lembaran-lembaran buku besar yang mana nantinya direkap dalam satu file sehingga ini akan memberikan ketidak efektifan dalam administrasi pelaporan pelaksanaan izin lingkungan, sehingga dalam melakukan administrasi pelaporan pelaksanaan izin lingkungan akan menghabiskan banyak waktu dan juga dengan hasil yang tidak begitu efektif. Berhubungan dengan hal tersebut maka perlu adanya suatu sistem informasi administrasi pelaporan pelaksanaan izin lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup sehingga proses pelaporan pelaksanaan izin lingkungan bisa lebih cepat dengan hasil yang lebih efektif. Permasalahan yang dihadapai lamanya waktu dalam pembuatan laporan pelaksanaan izin lingkungan.Penelitian ini hanya bertujuan untuk mengkomputerisasikan sistem informasi administrasi pelaporan pelaksanaan izin lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuantan Singingi.Menghasilkan suatu sistem yang terkomputerisi yang dapat mengolah data sistem informasi administrasi pelaporan pelaksanaan izin lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuantan Singingi.Dengan aplikasi yang dibangun ini maka akan memberikan kecepatan dalam pembuatan laporan pelaksanaan izin lingkungan dan Dengan sistem yang dibangun ini data pelaksanaan laporan akan tersimpan dengan baik dikarenakan pada sistem ini mengunakan sistem database sehingga tidak akan ada terjadi kerusakan data.

References

Al-Hafiz, N. W., & Haswan, F. (2018). Sistem Informasi Monografi Kecamatan Singingi. Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi), 3(1), 1-10.

Bayu Waspodo, Ahmad Nurul Pajar dan Noor Hadi Prayitno. (2015). “Sistem Informasi Pelayanan Izin Mendirikan dan Peruntukan Pengunaan Tanah pada Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Kabupaten Sumedang” Jurnal Sistem Informasi, ISSN : 1979-0767.

Harianja, H. (2018). Perancangan Aplikasi Rawat Jalan Pada Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kesehatan Benai. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 1(1), 8-24.

Indra Griha Tofik Isa dan George Pri Hartawan (2017). "Perancangan Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Web (Studi Kasus Koperasi Mitra Setia)" Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi, Vol. 5 Edisi 10, MISSN 20886969.

Jogiyanto, Analisis dan Disain Sistem Informasi, ANDI OFFSET Yogyakarta, 1990.

Mukhammad Galih Ari Wibowo.(2013). “Sistem Informasi Pemesanan JasaPerizinan Mendirikan Usaha Dan Bangunan” Jurnal Teknik Informatika.

Vica J.E.Saija. (2015). “Wewenang Pemerintah Daerah Dalam Pemberian Izin Lingkungan Hidup” Jurnal Sasi, Vol.20, No.1
Published
2019-12-30