APLIKASI PEMBELAJARAN BUDAYA NUSANTARA UNTUK SEKOLAH DASAR (SD) BERBASIS ANDROID

  • Ria Ria
Keywords: Aplikasi, Android, Budaya Nusantara

Abstract

Penulisan ini menguraikan tentang metode perancangan dan pembuatan aplikasi pembelajaran budaya nusantara untuk anak usia sekolah dasar dengan memanfaatkan perkembanganteknologi yaitu melalui smartphoneberbasis android. Pembuatan aplikasi pembelajaran budaya ini dengan menggunakan software berbasis Java dan XML. Pengembangan aplikasiini menggunakan model waterfall.Aplikasi ini menampilkan informasi tentang budaya nusantara yang akan dibagi ke dalam 7 kategori, yaitu :pakaian adat, rumah adat, tarian tradisional, senjata tradisional, alat musik daerah, lambang daerah, dan lagu daerah.Dimana masing-masing kategori diberikan1 contoh dari setiap provinsi. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan latihan-latihan soal, yangberisi pertanyaan seputar kebudayaan yang sudah dijelaskan pada materi dalam aplikasi tersebut. Dan pada aplikasi ini juga memberikan gambar peta dari pulau-pulau di Indonesia. Berdasarkan pada hasil uji coba, aplikasi ini dapat berjalan dengansangat baik pada perangkat berbasis android.

References

Ali, Muhamad. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Mata Kuliah Elektromagnetik.

Andre, Petrus. 2017. Macam-macam Struktur Navigasi Pada Website. http://www.andre.web.id/2014/05/struktur-navigasi-website.html.

Anwar, Badrul., H. Jaya, dan P. Indra Kusuma. 2014. Implementasi Location Based Service Berbasis Android Untuk Mengetahui Posisi User.

Belia, 2017. Pengertian dan Penjelasan Kebudayaan Nasional. http://www.cpuik. com/2013/08/pengertian-dan-penjelasan-kebudayaan.html

Fabernainggolan. 2017. Eclipse dan Android SDK. http://www.fabernainggolan.net/eclipse-dan-android-sdk

Fatiharifah, 2017. Aku Cinta Indonesia. Laksana KIDZ. Yogyakarta.

Haswan, F., & Al-Hafiz, N. W. (2017). Aplikasi Game Edukasi Ilmu Pengetahuan Alam. Riau Journal Of Computer Science, 3(1), 31-40.

Hendra. 2017. Android Emulator Menggunakan Genymotion. http://hendra.room318online.com/android-emulator-menggunakan genymotion/ .
Published
2019-12-30