SISTEM PERENCANAAN PERSEDIAAN BARANG MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) DAN REORDER POINT (ROP) PADA TOKO A.YANI TELUK KUANTAN

  • Ririn Febrianesia Risda
Keywords: Persediaan, Stok, EOQ, ROP, Gudang, Java

Abstract

Toko A.Yani merupakan sebuah perusahaan berskala menengah yang bergerak dalam bisnis perdagangan sembako atau barang harian. Toko A.Yani ini sama seperti toko lainnya memiliki sistem persediaan, dimana Sistem persediaan barang adalah sistem yang membahas mengenai persediaan barang pada sebuah perusahaan, yang mana didalamnya mencakup penjualan, pembelian barang.Toko memiliki persediaan dengan tujuan agar dapat memelihara kelancaran bisnis yang dijalankannya. Dalam perkembangannya Toko A.Yani semakin memiliki banyak pelanggan sehingga dituntut untuk memiliki gudang penyimpanan yang lebih luas. Namun, tenyata kesiapan infrastruktur ini tidak didukung oleh kesiapan fasilitas sistem maupun sumber daya manusia yang ada. Sehingga seringkali terjadi perbedaan informasi antara stok gudang pusat. Selain itu dalam pelaksanaan transaksi perusahaan kesulitan dalam menentukan jumlah pemesanan dan periode yang paling ekonomis. Untuk mengatasi kendala yang ada pada, maka akan dibangun suatu Sistemperencanaan persediaan barang menggunakan aplikasi Java Netbeans, sementara aplikasi databasedibangun menggunakan MySQL. Aplikasi perangkat lunak yang dibangun diharapkan mampu menangani permasalahan yang ada, sehingga proses transaksi dalam pemenuhan stok barang maupun penjualan dan pembelian barang akan berjalan lebih efektif dan efisien. Dan yang terlebih penting adalah toko mampu menjalankan aktivitasnya dengan baik, baik dari segi sistem maupun kualitas pelayanan.

References

Joko Dwi Rahajo, Tutut Ermawati, 2013. “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengendalian Barang Menggunakan Metode Economic Order Quantity (Studi Kasus: PT.Ega Tekelindo Prima”. Jurnal SISFOTEK GLOBAL Vol. 4 No. 2, September 2014.

Rianti Rahmawati, 2016. “Aplikasi Perhitungan Bahan Baku dengan Metode Economic Order Quantity Berdasarkan Varian Produk”. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Vol. 5, No. 1, Maret 2016.

Rabby Nazli, 2017. “Aplikasi Perhitungan EOQ(Economic Order Quantity) Persediaan Handphone Pada Outlet Kurnia Cell Teluk Kuantan”. Riau Journal Of Computer ScienceVol. 4, No. 1, Desember 2017.

Irham Fahmi, 2016. Manajemen Produksi Dan Operasi. Bandung: Alfabeta.

Indrajani. 2015. Database Design. Jakarta: PT. Elext Media Komputindo.
Published
2019-12-30