SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN LAYANAN PELANGGAN KECANTIKAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) STUDI KASUS : ARETA BEAUTY TELUK KUANTAN

  • Windi Aulia Azhari
Keywords: System Pendukung Keputusan, Layanan Kecantikan Android, Database

Abstract

Kecantikan wajah adalah hal yang penting bagi kaum wanita khususnya dan pria. Kulit wajah yang sehat dan cantik, kecantikan berhubungan dengan penampilan yang dapat dilihat dan dinilai oleh orang lain. Areta Beauty merupakan salah satu rumah kecantikan di daerah Teluk Kuantan.Yang menyediakan jasa berupa, perawatan wajah mulaidari facial microdermabrasi, folishing peel,sulam wajah, lulur lufra, message + lulur, message, bleaching body, facial akupuntur, sliming komplit dan lain-lain, pada saat areta beauty member usulan kepada para pelanggan tentang pilihan treatment yang akan digunakan, permasalahanyang sering timbul adalah pelanggan atau pasien kurang yakin atau merasa ragu dengan treatment yang akan dilakukan pihak areta beauty. Penggumpulan    data penelitian menggunakan lembar observasi, wawancaradan kuisioner oleh karena itu dibangunlah sebuah program aplikasi pendukung keputusan layanan pelanggan kecantikan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Dengan metode simple additive weighting (SAW) dapat menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilanjutkan dengan proses perangkingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif terbaik untuk meyakinkan keputusan pelanggan.

References

Wulandari, Nuraeni Sri. 2017. “aplikasi sistem pendukung keputusan untuk menentukan besarnya bonus karyawan pada pt. anggarda paramitha mandiri dengan metode simple additive weighting (saw)”. Sekolah Tinggi Management Dan Ilmu Komputer STMIK Raharja, 2017.

Amrizal, Yudi dan Kurniati, Rezki .2016. Game Aritmatika Berbasis Android. Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika, Vol. 1: No. 2. November 2016 ISSN: 2527-9866, 1-5.

Fuspita,Vera. 2017. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Restoran Di Kota Bengkulu Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Sistem Operasi Android”. Jurnal Rekursif, Vol.2 No. 1 Maret 2014, ISSN 2303-0755,1-8.

Rohayani,Hetty. 2013. “Analisis Sistem Pendukung Keputusan Dalam Memilih Program Studi Menggunakan Metode Logika Fuzzy”. Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 5, NO. 1, April 2013, Halaman 530-539,1-10.

Tim Pelatihan Developer Google (2016), “Android develover fundamentals cource lern to develop android application”.
Published
2019-12-30