SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI HAMA PADA TANAMAN KELAPA SAWIT DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEB

  • Arif Aldianto
Keywords: Kelapa Sawit, Sistem Pakar, Hama

Abstract

Masalah yang terjadi pada petani kelapa sawit adalah bagaimana untuk mengidentifikasi hama yang menyerang tanaman kelapa sawit.Yang hanya dengan cara menanyakan ke orang yang lebih pengalaman tentang bagaimana cara pengendaliannya. Solusi yang disediakan dengan membangun sistem pakar identifikasi hama pada tanaman kelapa sawit Sebagai sarana konsultasi untuk para petani. Metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu: tahap analisis, desain, pengkodean, pengujian dan dukungan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah Sistem Pakar Identifikasi Hama Pada Tanaman Kelapa Sawit sebagai sarana untuk Konsultasi dengan menggunakan komputer sebagai alat untuk Mengidentifikasi Hama. Kesimpulannya, sistem ini dapat membantu Petani Untuk Mengidentifikasi Hama tanaman kelapa sawit dengan mudah dan efektif.

References

Haryati,”Aplikasi Sistem Pakar Identifikasi Hama Serta Cara Pengendaliannya Pada Tanaman Kelapa Sawit Dengan Metode Teorema Bayes Berbasis Android,” Teorema Bayes, Universitas Lampung,2017.

Jasri, J., & Nazli, R. (2018). Penerapan Metode Mamdani Untuk Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Golongan Obat Sesuai Dengan Penyakit Diabetes. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 1(2), 67-74.

Linda Wahyuni Dan Surya Darma,2014. “Sistem Pakar Metode Certainty Factor : Studi Kasus Kelapa Sawit”,Vol, 1 No.122-127.

Mohammad Arifin,Slamin,Dan Windi Eka Yulia Retnani, 2017.” Penerapan Metode Certainty Faktor : Studi Kasus Diagnosa Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Tembakau”, Vol. 1.No.21-28.

Nopriandi, H., & Al Hafiz, N. W. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Berprestasi Di Lingkungan Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Menggunakan Fuzzy Multiple Attribut Decision Making (FMADM). Jurnal Teknologi Dan Open Source, 2(2), 33-44.

Stephanie Halim Dan Seng Hansun , 2015.”Penerapan Metode Certainty Factor : Studi Kaus Pendeteksi Resiko Osteoporosis dan Osteoarthritis”, Vol, VII, No. 2.

Tuswanto dan Abdul Fadil,2013. “Sistem Pakar Metode Certainty Factor : Studi Kasus Diagnosa Hama Dan Penyakit Tanaman Bawang Merah”,Vol. 1,No.21-31.
Published
2020-07-06