RANCANG BANGUN APLIKASI CHATBOT INFORMASI OBJEK WISATA KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Hendri Ramadhan
Keywords: Informasi wisata, Chatbot, Dialogflow

Abstract

Kabupaten Kuantan Singingi memiliki banyak budaya, tradisi dan keindahan alamnya. Informasi tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi masih banyak yang belum dikenal, untuk itu dibutuhkan informasi lokasi objek wisata yang akurat. Pada saat ini, untuk datang ke sebuah lokasi objek wisata biasanya membutuhkan informasi yang jelas dari pengunjung yang mengetahui lokasi objek wisata tersebut ataupun orang yang pernah berkunjung ke lokasi objek wisata tersebut. Salah satu teknologi yang berkembang saat ini yaitu chatbot dirasakan bisa memberikan suasana baru dalam mencari informasi yang lebih informatif. Chatbot merupakan sistem dalam bentuk chatting yang mampu menjawab pertanyaan sesuai dengan kemampuan yang ditanamkan di dalamnya. Penerapan chatbot memberikan informasi yang cepat dalam waktu yang relatif singkat untuk mendapatkan informasi karena pertanyaan yang diajukan dapat dijawab secara langsung. Chatbot dirancang dengan menggunakan skema pencocokan pertanyaan dengan pola yang telah ada pada pengetahuan chatbot. Pencocokan pola yang dilakukan menggunakan salah satu fitur dari Dialogflow yaitu pengembang teknologi interaksi antara manusia dan komputer. Hasil yang dicapai yaitu penerapan aplikasi chatbot informasi objek wisata Kabupaten Kuantan Singingi menggunakan Dialogflow berhasil diterapkan dengan baik karena bisa menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan. Untuk data rute lokasi objek wisata masih menggunakan data berdasarkan Kecamatan yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi, diharapkan dapat dikembangkan agar lebih spesifik.

References

Abdul Kadir. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Andi.Yogyakarta.

Al-Hafiz, N. W., & Haswan, F. (2018). Sistem Informasi Monografi Kecamatan Singingi. Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi), 3(1), 1-10.

Anisa, Siti. (2013). Membangun Aplikasi Android. Multimedia Center Publising : Yogyakarta Buku Saku Pramuka. Solo : Sendang llmu.

Göth, B. R. (2015). Testing techniques for mobile device applications. Diploma Thesis, Masaryk University, Faculty of Informatics.

Hartman, R., Rokitta, C., & Peake, D. (2013). Oracle Application Express for Mobile Web Applications. Apress.

Huda, Imamul dkk. 2013. Penggunaan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Perbaikan Sistem Penerangan. Jurnal Jurusan Teknik Mesin. ISSN 2252-6595

Ian Asriandy. (2016). Pengembangan objek wisata air terjun Bissapu di Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.
Indrajani. 2015. Database Design (Case Study All in One). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Krismiaji, (2015), “Sistem Informasi Akuntansi”, Edisi keempat, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Krismiaji, 2015, Sistem Informasi Akuntansi, Unit Penerbit, Yogyakarta.

Laudon, Kenneth C & Laudon, Jane P. 2014. Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Perusahaan Digital Edisi 13. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Romney, Marshall B. dan Steinbart, Paul John. 2015. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi 13. Salemba Empat:Jakarta.

Saputra, Agus. 2014. Proyek Membuat Website Periklanan dengan PHP. Cirebon: CV ASFA Solution.
Published
2020-07-06