SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENYEWAAN WEDDING ORGANIZER BERBASIS WEB DENGAN METODE FUZZY SUGENO DI RINDA WEDDING

  • Hesti Finarti
Keywords: Web, Logika Fuzzy, Fuzzy Sugeno

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dimasa sekarang ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Sehingga berpengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat dan cara pandang masyarakat yang terbiasa berada di lingkungan teknologi, yang selalu ingin dimudahkan oleh teknologi dalam segala hal. Perkembangan teknologi informasi tersebut ditandai dengan adanya pengolahan dalam bidang perkerjaan yang pada awalnya dikelola menggunakan cara manual kini telah dikelola menggunakan teknologi modern. Salah satunya adalah dalam bisnis penyedia jasa penyewaan wedding organizer. Penyedia jasa ini muncul karena peluang yang sangat besar dalam kehidupan modern ini, yang selalu menginginkan kepraktisan, kecepatan,  dan kemudahan untuk mengatasi kurangnya waktu bagi pasangan yang akan melakukan pesta pernikahan. Jasa penyewaan wedding organizer dapat menyediakan paket pernikahan dengan harga dan fasilitas berbeda-beda yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.Untuk memilih paket dekorasi pernikahan  tergantung patokan penentuan harga yang ada di Rinda Wedding. Semakin komplit, maka semakin besar biayanya, dan semakin jauh jarak yang ditempuh maka semakin besar pula biayanya. Untuk itu dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan dengan metode Fuzzy Sugeno untuk merekomendasi pemilihan paket sesuai dengan kebutuhan.

References

Eka Iswandy, 2015. “Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Dana Santunan Sosial Anak Nagari Dan Penyaluran Bagi Mahasiswa Dan Pelajar Kurang Mampu Di Kenagarian Barung-Barung Balantai Timur”, Jurnal TEKNOIF, Vol. 3 No. 2:70-79.

Ermatita, 2016. “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan”, Jurnal Sistem Informasi (JSI), Vol. 8, NO. 1:966-977.

Hari Santosa, 2014. “Aplikasi Penentuan Tarif Listrik Menggunakan Metode Fuzzy Sugeno”, Jurnal Sistem Informasi Bisnis 01.

Haswan, F. (2017). Decision Support System For Election Of Members Unit Patients Pamong Praja. International Journal of Artificial Intelligence Research, 1(1), 21-25.

Irma Yunita dan Joni Devitra, 2017.”Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset Pada SMK Negeri 4 Koto Jambi”, Jurnal Manajemen Sistem Informasi,Vol.2, No.1:278-294.

Jasri, J., & Nazli, R. (2018). Penerapan Metode Mamdani Untuk Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Golongan Obat Sesuai Dengan Penyakit Diabetes. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 1(2), 67-74.

Laras Purwati Ayuningtias, Mohamad irfan, Jumadi, (2017). “Analisa Perbandingan Logic Fuzzy Metode Sukamoto, Sugeno, dan Mamdani (Studi Kasus : Prediksi Jumlah Pendaftar Mahasiswa Baru Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)”,Jurnal Teknik Informatika, Vol. 10 NO. 1:9-16.

Rizkysari Meimaharani, 2014. “Analisis Sistem Inference Fuzzy Sugeno Dalam Menentukan Harga Penjualan Tanah Untuk Pembangunan Minimarket”, Jurnal SIMETRIS, Vol 5 No 1 : 89-96.
Published
2020-07-06