SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MEMPRIORITASKAN PERBAIKAN JALAN RUSAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

  • Puspa Sari Dewi
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, SAW, Infrastruktur Jalan

Abstract

Jalan merupakan prasarana infrastruktur dasar yang dibutuhkan manusia untuk dapat melakukan pergerakan dari suatu lokasi ke lokasi lainnya dalam rangka pemenuhan kebutuhan. Keberadaan infrastruktur jalan yang memadai sangat diperlukan. Selain untuk kemajuan perekonomian, pembangunan jalan sangat diperlukan untuk keselamatan dan kenyamanan pengendara. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan menggunakan metode SAW berfungsi untuk pembobotan dan melalukan perangkingan sehingga mendapatkan alternatif terbaik. Penerapan metode SAW ini diharapkan dapat membantu Dinas PUPR dalam menentukan kriteria-kriteria  untuk memprioritaskan urutan perbaikan jalan rusak. Hasil dari keputusan  dengan menggunakan metose SAW diambil 3 (tiga) peringkat pertama. Yang mendapatkan peringkat tersebut atau yang dapat dikatakan layak untuk diperbaiki terlebih dahulu adalah jalan alternatif Kuantan Tengah dengan nilai 2,17 jalan alternatif Kuantan Mudik dengan nilai 1,92 dan jalan alternatif Inuman dengan nilai 1,67, sehingga mendapatkan hasil yang sama antara perhitungan secara manual dengan pengujian menggunakan sistem aplikasi.

References

Alex Rikki, Murni Marbun, Dan Jonson R.Siregar, 2016. “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Dengan Metode Saw : Studi Kasus Pt. Karya Sahata Medan”, Journal of Informatics Pelita Nusantara, Vol. 1 No. 1 : 38-46

Anita, 2016. “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penilaian Kegiatan dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting(Studi Kasus di Dinas Pendidikan dan Pelatihan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara)”, Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, Vol. 9 No. 1:115-121.

Bahrin, 2016. “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Tenaga Kontrak Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw) : Studi Kasus Kantor Satpol Pp Kabupaten Pohuwato”, Jurnal Ilmiah ILKOM, Vol. 8 No. 2 : 82-88.

Haswan, F. (2017). Decision Support System For Election Of Members Unit Patients Pamong Praja. International Journal of Artificial Intelligence Research, 1(1), 21-25.

Jasri, J., & Nazli, R. (2018). Penerapan Metode Mamdani Untuk Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Golongan Obat Sesuai Dengan Penyakit Diabetes. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 1(2), 67-74.

Mardheni Muhammad, Novi Safriadi , dan Narti Prihartini, 2017. “Implementasi Metode Simple Additive Weighting(Saw) Pada Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Prioritas Perbaikan Jalan”, Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, Vol. 5, No. 4: 157-162.

Radiant V, Imbar, Doro Edi, dan Kevin Masli, 2016. “ Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Dengan Metode Simple Additive Weighting : Studi Kasus Fakultas Teknologi Informasi U.K. Maranatha”. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, Vol. 2 No. 3 : 273-286.

Sri Eniyati, 2011. “Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting)”, Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, Vol. 16 No. 2:171-176.

Titin Prihatin, 2016. “ Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Untuk Penentuan Status Pengangkatan Karyawan”, Jurnal SNIPTEK2016.
Published
2020-07-06