SISTEM REAL COUNT PEMILIHAN DPRD BERBASIS SMS GATEWAY

  • Susi Susanti Oktoberia
Keywords: Real Count, SMS Gateway, Pileg

Abstract

Teknik perhitungan manual yang diterapkan oleh KPU membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menghitung hasil pileg sehingga dapat menyebabkan beberapa kendala dalam memproses data hasil pileg untuk rapat pleno, konfrensi pers dan mengambil kebijakan untuk langkah selanjutnya setelah pileg. Spekulasi atau pendapat masyarakat yang berbeda juga dapat memicu perselisihan karena masing-masing pendukung pasangan saling klaim sebagai pemenang. Oleh sebab itu diperlukan aplikasi yang dapat melakukan distribusi data dan perhitungan hasil pileg dengan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi real count menggunakan SMS Gateway. Untuk itu dilakukan proses pengembangan perangkat lunak yang didasarkan pada rekayasa perangkat lunak yang benar. Model pengembangan perangkat lunak yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah model waterfall. Laporan skripsi ini akan menguraikan aktifitas-aktifitas yang dihasilkan pada masing-masing tahap pengembangan. Desain dan implementasi untuk aplikasi real count dengan SMS Gateway ini mengacu kepada perhitungan cepat pileg dengan media pendistribusian data menggunakan SMS dan proses perhitungannya dilakukan secara otomatis oleh aplikasi tersebut yang terintegrasi dengan website pemilihan DPRD dan masyarakat juga dapat mengakses data hasil perhitungan pada website tersebut.

References

Fitriana Eka Puspasari, 2014 Jurnal : system Informasi Pembayaran Sampah dan Penjadalan Siskamling dengan Sms Getway.

Harianja, H. (2018). Perancangan Aplikasi Rawat Jalan Pada Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kesehatan Benai. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 1(1), 8-24.

I Ketut Suharsana, Ni Luh Nyoman Mirah Wedasari, 2014 Jurnal: Sistem Quick Count Pemilihan Kepala Desa Berbasis SMS.

Laraswati, D., & Syam, E. (2019). Implementasi SMS Gateway sebagai Sistem Informasi Keuangan Siswa (Studi Kasus: SMP Negeri 6 Singingi Hilir). Jurnal Teknologi dan Open Source, 2(1), 65-73.

Nur Rochmah DPA., S.T., M.Kom., Andre Handika, 2017 Jurnal : Sistem Informasi Pilkada Dengan Sms Gateway.

Shodikun, A., & Syam, E. (2018). Pembangunan Sms Gateway Hasil Pemeriksaan Ujian Sekolah Berbasis Web Pada Ma Bahrul Ulum Singingi. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 1(2), 1-12.

Wahyu Setiono, 2015 jurnal: Kelurahan Desa Sugihrejo Berbasis Sms Getway.

Zainal Arifin, 2013, Jurnal: Pembuatan Perangkat Lunak Aplikasi Pemesanan dan Penjualan Sepeda Motor (Studi Kasus : Penjualan Sepeda Motor Honda pada CV.Kharisma Motor.)
Published
2020-07-06