PENENTUAN JURUSAN SEKOLAH MENENGAH ATAS MENGGUNKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR CLASSIFIER PADA SMAN 2 SINGINGI

  • Zuleha Zuleha
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, K-Nearest Neighbor, Penjurusan Siswa

Abstract

SMA Negeri 2 Singingi merupakan sebuah lembaga pendidikan yang berada di Singingi. Pada SMA Negeri 2 Singingi terdapat 2 jurusan yaitu IPA dan IPS yang dilakukan pada saat kelas X dimana guru mengalami kesulitan dalam menentukan jurusan bagi siswa-siswi. Hal ini disebabkan oleh sistem dari penjurusan yang masih tidak sesuai dengan kemampuan siswa yang dimiliki. Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan metode data untuk sistem pendukung keputusan penentuan jurusan dengan memadukan sebuah algoritma K-NN (K-Nearest Neighbor). K-NN merupakan algoritma yang melakukan klasifikasi terhadap suatu objek yang dijadikan training untuk diolah hingga menemukkan tingkat kevalidannya berdasarkan data pembelajran dimana data tersebut merupakan data terdekat untuk diolah kedalam data uji.sistem pendukung keputusan ini terkomputerisasi, tidak lagi secara manual sehingga dapat mengatasi masalah dalam menentukan jurusan.

References

Al-Hafiz, N. W., & Haswan, F. (2018). Sistem Informasi Monografi Kecamatan Singingi. Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi), 3(1), 1-10.

Kartika Jodi Irjaya, Edy Santoso dan Sutrisno Penentuan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor dan Weighted Product (Studi Kasus: SMP Negeri 2 Mejayan). jurnal pengembangan teknologi informasi dan ilmu komputer, vol 1, no 5, hlm 352-360, e-ISSN:2548-964X.

Laraswati, D., & Syam, E. (2019). Implementasi SMS Gateway sebagai Sistem Informasi Keuangan Siswa (Studi Kasus: SMP Negeri 6 Singingi Hilir). Jurnal Teknologi dan Open Source, 2(1), 65-73.

Mustakim dan Giantika Oktaviani.2016.Algoritma K-Nearest Neighbor Classification Sebagai Sistem Prediksi Predikat Prestasi Mahasiswa.jurnal sains, teknologi dan industry,vol 13,no 12,pp 195-202 ISSN 1693-2390.

Niswatin Ratih Kumalasari.Sistem Pendukung Keputusan Penempatan Jurusan Mahasiswa Baru Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor. Cogito smart jurnal,vol 1, no 1
Published
2020-07-06