PEMBUATAN DETEKTOR ASAP ROKOK DI LINGKUNGAN LABOR FAKULTAS TEKNIK DENGAN ALARM BERBASIS ARDUINO

  • Zulmi Harja
Keywords: Arduino, Sensor MQ-2, Buzzer

Abstract

Asap rokok mengandung ribuan bahan kimia beracun dan bahan – bahan yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Asap rokok yang terkurung di ruangan labor fakultas teknik adalah salah satu masalah besar yang di hadapi oleh mahasiswa dan dosen terutama saat kuliah berlangsung. Skripsi ini berisikan tentang pembuatan detektor asap rokok di lingkungan labor fakultas teknik dengan alarm berbasis arduino. Fitur yang ada dalam sistem tersebut antara lain Arduino sebagai Kontroler dan Sensor MQ 2 sebagai antarmuka intruksi Buzzer  sebagai output. Berdasarkan hal tersebut, di buatlah pembuatan detektor asap rokok di lingkungan labor fakultas teknik dengan alarm berbasis arduino sehingga dapat membantu menangani masalah asap rokok dalam ruangan labor fakultas teknik.

References

Andrianto, H. 2008, Pemrograman Mikrokontroler AVR Atmega8535, Informatika, Bandung.

Bambang Tri Wahjo Utomo., Dharmawan Setya Saputra. 2016. Simulasi Sistem Pendeteksi Polusi Ruangan Menggunakan Sensor Asap Dengan Pemberitahuan Melalui SMS ( Short Message Service ) Dan Alarm Berbasis Arduino . Jurnal JITIKA . Vol.10, No.1, Februari 2016, ISSN : 0852-730X.

Hadi, M. S 2008, Mengenal Mikrokontroler AVR Atmega16, Ilmu Komputer, Malang.

Moch Subchan Mauludin*, Aan Faisal Alfalah, Didik Dwi Wibowo (2017) Mq 2 Sebagai Sensor Anti Asap Rokok Berbasis Arduino Dan Bahasa C.

Putri Mandarani., Reza Ariani. 2016. Perancangan Sistem Deteksi Asap Rokok Menggunakan Layanan Layanan Short Message Service (SMS) Alert Berbasis Arduino. Jurnal Teknoif, Institut Teknologi Padang, Vol. 4, No. 2 Oktober 2016.
Published
2020-07-06