PERANCANGAN APLIKASI NOTIFIKASI JADWAL KULIAH BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : PRODI TEKNIK INFORMATIKA-UNIKS)

  • Rila Efria Ningsih
Keywords: Notifikasi, Android Studio, Xampp

Abstract

Pendidikan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berasal dari kata “didik” dan kemudian mendapat imbuhan “pe” dan akhiran “an”, maka kata ini mempunyai arti proses atau cara atau perbuatan mendidik. Secara bahasa definisi Pendidikan adalah sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran untuk peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual untuk kemajuan lebih baik, secara sederhana, pengertian pendidikan adalah proses pembelajaran bagi peserta didik untuk dapat mengerti , paham , dan membuat manusia lebih kritis dalam berpikir. di dalam melaksanakan pendidikan itu perlu adanya penunjang untuk meksukseskan proses perkuliahan itu sendiri.selain itu banyak juga kampus yang telah memanfaatkan jenis media lain seperti : gambar, model, dan Overhead Projector (OHP). Sedangkan media lain seperti ponsel pintar berbasis Android masih jarang di gunakan meskipun sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar mahasiswa. Oleh sebab itu penulis memberikan sebuah masukan tentang media yang dapat memudahkan mahasiswa dalam mendapatkan Informasi jadwal kuliah yaitu sebuah sistem operasi mobile smartphone yang dapat bermanfaat. Salah satu penunjang itu sendiri adalah dengan pembuatan media dengan menggunakan Sistem Operasi Android. Salah satu yang dapat dikembangkan di sistem android adalah notifikasi jadwal kuliah. Jadi dengan perancangan notifikasi jadwal kuliah ini semoga saja mahasiswa lebih cepat mendapatkan informasi tentang jadwal kuliah.

References

Andi Juansyah . 2015. “Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System (A-Gps) Dengan Platform Android”.

Endang Amelia, Yayat Supriatna.2017.”Perancangan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Sebagai Pengembangan Egoverment”.

Haswan, F. (2020). Modeling of Inventory Application of Goods Islamic University of Kuantan Singingi. Jurnal Mantik, 3(4, Feb), 700-705.

Muhdar Abdurahman. 2016.”Sistem Informasi Jadwal Perkuliahan Berbasis Web Mobile Pada Politeknik Sains Dan Teknologi Wiratama Maluku Utara”.

Sri Dharwiyanti., dan Romi Satria Wahono. 2003. “Pengantar Unified Modeling Language (UML).

Syam, E. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Data Mahasiswa Dan Dosen Terintegrasi. IT Journal Research and Development, 2(2), 45-51.

Toto Supriyanto , dan Rizky Amalia . 2016 . Sistem Informasi Jadwal Perkuliahan Berbasis Web MobilePada Politeknik Sains Dan Teknologi Wiratama Maluku Utara”.
Published
2020-07-06