Implementasi Pembiayaan Pendidikan di MIS Al-Quba

  • Rizki Utami Batubara Universitas Negeri Medan
  • Fitri Amaliyah Batubara Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Akhir Pardamean Harahap STAI Al-Hikmah Medan
Keywords: Implementasi, Pembiayaan, Pendidikan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembiayaan pendidikan di Di MIS Al-Quba. Penelitian ini dilakukan di MIS Al-Quba Jl. Denai. Medan Denai, Provinsi Sumatera Utaran. Adapun waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2020. Penelitian ini menggunakan metode  kualitatif Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat sekolah di MIS Al-Quba Jl. Denai yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, tenaga kependidikan dan siswa. Dalam penelitian kualitatif  dilakukan dengan 3 tahapan yaitu : Tahap reduksi data, Tahap penyajian data dan Tahap penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai pembiayaan pendidikan di MIS Al-Quba, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Pembiayaan pendidikan di MIS Al-Quba berasal dari BOS Pusat/ BOS Reguler, BOS Provinsi/ BOSDA, dan BOS Kabupaten dengan jumlah Rp 267.625.000.,- yang pengalokasiannya digunakan untuk memenuhi Standar Nasional Pendidikan, diantaranya Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan, dan Standar Penilaian Pendidikan, kecuali Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.  Biaya operasional dan Biaya investasi terdiri dari biaya kesejahteraan tenaga pendidik dan kependidikan, penyelenggaraan KBM, pemeliharaan dan pergantian, daya dan jasa kesiswaan., sarana prasarana dan tenaga sekolah saat ini ditanggung oleh pemerintah pusat melalui program bos pusat, ditanggung oleh pemerintah propinsi melalui program bos propinsi, dan kab./kota melalui bos pendamping.

References

Akdon, dkk. 2015. Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja.

Fatah, Nanang. 2012. Standar Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Fitri, Afrilliana. 2014. Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol. 2 No. 1.

Hasbullah. 2010. Otonomi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Masditou. 2017. Manajemen Pembiayaan PendidikanMenuju Pendidikan Yang Bermutu. Jurnal ANSIRU PAI. Volume 2, nomor 20, halaman 119–145.

Mulyono. 2010. Konsep Pembiayaan Pendidikan, Jogjakarta:Ar-RUZZ MEDIA GROUP.

Peraturan Pemerintah. 2008 . Pendanaan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas RI.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zulkifli.2015. Komite Sekolah antara Cita dan Realita. Jurnal Potensia. Vol. 14.
Published
2022-12-26