URGENSI BELAJAR BAHASA ARAB MELALUI METODE KOMUNIKATIF PADA SISWA MTS MUHAMMADIYAH LUBUK JAMBI - KUANTAN SINGINGI
Abstract
Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa dunia yang telah mengalami perkembangan social masyarakat dan ilmu pengetahuan. Pembelajaran bahasa Arab dapat didefinisikan suatu upaya membelajarkan siswa untuk belajar bahasa Arab dengan guru sebagai fasilitator dengan mengorganisasikan berbagai unsur untuk memperoleh tujuan yang ingin dicapai dan bahsa Arab ini merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan kepada siswa salah satunya seperti yang diajarkan di MTS Muhammadiyah Lubuk Jambi Kuantan singing dan kami menawarkan salah satu metode yang tepat untuk mengajarkan bahasa Arab yaitu metode Komunikatif. Metode komuikatif adalah sebuah metode yang lebih mengandalkan kreativitas para pelajar dalam melakukan latihan. Pada tahap ini keter libatan Guru secara langsung mulai dikurangi untuk member kesempatan kepada mahasiswa untuk mngembangkan kemampuan sendiri. Para siswa pada tahap ini ditekankan untuk lebih banyak berbicara dari pada Guru. Adapun bentuk pengabdian ini adalah berupa seminar tentang Urgensi belajar bahasa Arab Metode Komunikatif dengan metode sebagai berikut, yaitu: Narasumber menyampaikan materi seminar dengan metode Ceramah kemudian para Peserta menyimak materi terakhir diskusi dan tanya-jawab. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah membekali para guru dan santri dengan Urgensi Belajar Bahasa Arab melalui Metode Komunikatif, memperbaiki cara pandang dan asumsi yang salah tentang belajar bahasa Arab melalui Metode Komunikatif, serta memberikan solusi terhadap hambatan dalam pembelajaran Bahasa Arab melalui Metode Komunikatif.
Downloads
References
Arsyad, A. Bahasa Arab danMetodePengajarannya. Surabaya: PustakaPelajar, 2003.
Cahyani, Isahdan Dari Hadianto Rekonstruksionisme: Metode komunikatif dalam Pemerolehan dan pembelajaran bahasa untuk mengembangkan Kemampuan berbahasa.Jurnal KATA: Penelitian tentang Ilmu Bahasa dan Sastra 2.2 (2018): 118-123.
Effendy, A. F. MetodePengajaran. Malang: Misykat, 2005.
Hamzah.Perencanaanpembelajaran. Jakarta: BumiAksara, 2008.
Hermawan, A. MetodePembelajaran. Bandung: PT. RemajaRosdaKarya, 2011.
Makinuddin, M. MetodePengajaranBahasa. JurnalStudi Islam, MIYAH: (2017)
Minatullah, Minatullah. UpayaMeningkatkankemampuanBahasa Arab siswamelaluipenerapanmetodekomunikatif (studikasus di SDI Surya Buana Malang) Diss. University of Muhammadiyah Malang, 2019.
Wahab, A. MetodePembelajaranBahasa Arab.JurnalPendidikanBahasa Arab. (2015)
Yunita, Yenni, PebrianRojja. MetodeKomunikatifdalamPembelajaranBahasa Arab Maharah Al-Kalam di KelasBahasa (CELAD).JurnalPendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 56-6
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.