URGENSI BELAJAR BAHASA ARAB MELALUI METODE KOMUNIKATIF PADA SISWA MTS MUHAMMADIYAH LUBUK JAMBI - KUANTAN SINGINGI

  • Yenni Yunita
Keywords: Urgensi Belajar, Bahasa Arab, Metode Komunikatif

Abstract

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa dunia yang telah mengalami perkembangan social masyarakat dan ilmu pengetahuan. Pembelajaran bahasa Arab dapat didefinisikan suatu upaya membelajarkan siswa untuk belajar bahasa Arab dengan guru sebagai fasilitator dengan mengorganisasikan berbagai unsur untuk memperoleh tujuan  yang ingin dicapai dan bahsa Arab ini merupakan salah satu mata pelajaran yang  wajib diajarkan kepada siswa salah satunya seperti yang diajarkan di MTS Muhammadiyah Lubuk Jambi Kuantan singing dan kami menawarkan salah satu metode yang tepat untuk mengajarkan bahasa Arab yaitu metode Komunikatif. Metode komuikatif adalah sebuah metode yang lebih mengandalkan kreativitas para pelajar dalam melakukan latihan. Pada tahap ini keter libatan Guru secara langsung mulai dikurangi untuk member kesempatan kepada mahasiswa untuk mngembangkan kemampuan sendiri. Para siswa pada tahap ini ditekankan untuk lebih banyak berbicara dari pada Guru. Adapun bentuk pengabdian ini adalah berupa seminar tentang Urgensi belajar bahasa Arab Metode Komunikatif dengan metode sebagai berikut, yaitu: Narasumber menyampaikan materi seminar dengan metode Ceramah kemudian para Peserta menyimak materi terakhir diskusi dan tanya-jawab. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah membekali para guru dan santri dengan Urgensi Belajar Bahasa Arab melalui Metode Komunikatif, memperbaiki cara pandang dan asumsi yang salah tentang belajar bahasa Arab melalui Metode Komunikatif, serta memberikan solusi terhadap hambatan dalam pembelajaran Bahasa Arab melalui Metode Komunikatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. Bahasa Arab danMetodePengajarannya. Surabaya: PustakaPelajar, 2003.

Cahyani, Isahdan Dari Hadianto Rekonstruksionisme: Metode komunikatif dalam Pemerolehan dan pembelajaran bahasa untuk mengembangkan Kemampuan berbahasa.Jurnal KATA: Penelitian tentang Ilmu Bahasa dan Sastra 2.2 (2018): 118-123.

Effendy, A. F. MetodePengajaran. Malang: Misykat, 2005.

Hamzah.Perencanaanpembelajaran. Jakarta: BumiAksara, 2008.

Hermawan, A. MetodePembelajaran. Bandung: PT. RemajaRosdaKarya, 2011.

Makinuddin, M. MetodePengajaranBahasa. JurnalStudi Islam, MIYAH: (2017)

Minatullah, Minatullah. UpayaMeningkatkankemampuanBahasa Arab siswamelaluipenerapanmetodekomunikatif (studikasus di SDI Surya Buana Malang) Diss. University of Muhammadiyah Malang, 2019.

Wahab, A. MetodePembelajaranBahasa Arab.JurnalPendidikanBahasa Arab. (2015)

Yunita, Yenni, PebrianRojja. MetodeKomunikatifdalamPembelajaranBahasa Arab Maharah Al-Kalam di KelasBahasa (CELAD).JurnalPendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 56-6

Published
2021-12-17
How to Cite
Yunita, Y. (2021). URGENSI BELAJAR BAHASA ARAB MELALUI METODE KOMUNIKATIF PADA SISWA MTS MUHAMMADIYAH LUBUK JAMBI - KUANTAN SINGINGI. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 90 - 94. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v1i2.1825
Abstract viewed = 245 times
PDF downloaded = 220 times