PENGENALAN PLATFORM DIGITAL SEBAGAI MEDIA DAN EVALUASI PEMBELAJARAN SMK BINA PROFESI PEKANBARU

  • Triyani Arita Fiti
  • T Sy Eiva Fatdha
  • Helda Yenni
  • Liya Astarilla
Keywords: Platform pembelajaran, media, online

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk menjelaskan pemanfaatan berbagai platform digital sebagai media pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di SMK Bina Profesi Pekanbaru. Kegiatan ini merupakan bagian penting atas adanya perubahan proses kegiatan pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring/online dengan bantuan beberapa platform digital yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai media pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis), yaitu mengkaji informasi utama yang dibahas dalam referensi, mengaitkan dengan setiap topik yang dibahas, kemudian pemetaan konsep dalam bentuk perbandingan dari setiap data perolehan. Hasil kegiatan ini diharapkan memberi kontribusi dalam memudahkan sekolah, guru, dan siswa memanfaatkan beberapa platform digital yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai media pembelajaran selama covid-19, serta diharapkan agar platform digital terus dapat dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar baik secara online dan ofline kedepannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Banjarnahor, D., Ginting, M. F.,Widyaningrum, I., Hidayati, H., Gozali,A. A. 2016. Museum Berbasis Virtual Reality Untuk Mempromosikan Kebudayaan Sumatera Utara.” E-Proceeding of Applied Science, 2(2), 733–740.

Dwi Haryono, Wirta Agustin, Rini Yanti,T.Sy. Eiva Fatdha, Helda Yenni 2022. Penguatan Penggunaan Teknologi Untuk Layanan Administrasi Kependudukan

Di Lingkungan Rw 09 Kelurahan Sidomulyo Timur Kecamatan Marpoyan Damai

Kota Pekanbaru. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service Vol. 2 No.2 Juli 2022 Hal. 92-101

Sri Ngudi Wahyuni, Rosyidah Jayanti Viyata, Mei Maemunah,Rahma Widyawati, Sri Mulyatun, Istiningsih, Achmad Fauzi.2022. Peningkatan Kualitas Guru SD Aisyiyah Fullday Pandes Klaten Melalui Pelatihan Teknologi Informasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika Vol. 2, No. 1 - Mei 2022,Hal.7-12

Aji, R. H. S. 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5).

Babbage, R., Byers, R., & Redding, H. 1999. Approaches To Teaching And Learning. David Fulton Publisher.

Asyafah, A. 2019. Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal Of Islamic Education, 6(1), 19–32. Https://Doi.Org/10.17509/T.V6i1.20569

Akhwani, & Romdloni, M. A. (2021). Pendidikan Karakter Masa PandemiCovid- 19 Di SD. Indonesian Journal Of Primary Education, 5(1), 1–12.

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 1, 67–76. Http://Jurnal.Stkippgribl.Ac.Id/Index.Php/Pedagogia %7C

Simanihuruk, L., Simarmata, J., Sudirman, A., Hasibuan, M. S., Meilani, S., Sulaiman, O. K., Ramadhani, R., & Sahir, S. H. (2019). Elearning: Implementasi, Strategi Dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis

Putri, A. P., Rahhayu, R. S., Suswandari, M., & Ningsih, P. A. R. (2021). Strategi Pembelajaran Melalui Daring Dan Luring Selama Daring Dan Luring Selama Pandemi Covid-19 Di SDN. Sugihan 03 Bendosari. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1–8.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Ar-Ruzz Media.

Wibawa, A.E.Y. (2021).Implementasi Platform Digital Sebagai Media Pembelajaran Daring Di MI Muhammadiyah PK Kartasura Pada Masa Pandemi Covid-19, Berajah Journal, 1(2),pp 76-84

Published
2022-11-29
Abstract viewed = 136 times
PDF downloaded = 215 times