PERLINDUNGAN ANAK DARI DAMPAK GADGET / GAWAI
Abstract
Pada era digital seperti ini Gadget merupakan benda yang sudah tidak dapat dipisahkan dari aktivitas sehari-hari manusia. Penggunaan gadget tidak hanya pada orang dewasa atau yang berusia lebih dari 15 tahun. Gadget saat ini juga sudah digunakan oleh orang yang berusia kurang dari 15 tahun, atau yang biasa disebut dengan anak-anak. Anak-anak biasanya tidak dapat mengontrol waktu penggunaan gadget. Ada beberapa dampak yang akan ditimbulkan jika menggunakan gadget tidak sesui dengan waktunya. Penggunaan gadget berlebihan pada anak dapat berakibat buruk pada kondisi anak, baik secara fisik maupun non fisik.Kondisi anak seperti ini tentunya dapat menghambat perkembangan anak menjadi generasi emas yang unggul pada 1020 tahun mendatang. Maka dari itu, perlu memberikan sosialisasi kepada anak-anak mengenai apa saja dampak yang ditimbulkan dalam penggunaan gadget yang tidak sesuai, serta memberikan pengertian dan pemahaman kepada anak-anak termasuk anak usia dini untuk mencegah hal yang lebih buruk yang kemungkinan akan terjadi akibat dari penggunaan gadget yang berlebihan di masa yang akan datang. Hasil yang diharapkan dari kegiatan sosialisasi ini nantinya dapat mengurangi penggunaan gadget pada anak-anak maupun anak usia dini, karena sadar akan dampak buruk dari penggunaan gadget. Sehingga harapan mereka akan menjadi generasi emas yang lebih baik pada 10-20 tahun mendatang dapat terwujud
Downloads
References
Bros, R. A. (2022). Pengaruh Gadget Bagi Tumbuh Kembang Anak. Retrieved November 1, 2022, from awalbros.com: https://awalbros.com/anak/pengaruh-gadget-bagi-tumbuh-kembang-anak/
Chrysan, E. M., Rohi, Y. M., & Apituley, D. S. (2020). Penerapan Sanksi Tindakan Anak yang Melakukan Bullying dalam Perspektif Sistem Peradilan Pidana Anak. Jurnal Hukum Magnum Opus , 162-172.
Fitriyani. (2022). Penelitian : Ini 10 Bahaya Gadget bagi Anak di bawah Usia 12 Tahun. Retrieved November 1, 2022, from theAsianparent: https://id.theasianparent.com/10-bahaya-penggunaan-gadget-pada-anak
Hatta, M. (2017). Tindakan Perundungan (Bullyinng) dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Miqot , 280-301.
Heryana, A. (2020). Perlindungan Anak Usia Dini terhadap Penggunaan Gawai yang Berlebih : Policy Brief. Jakarta: Universitas Esa Unggul.
Indonesia, K. (2019, Oktober 30). Bahaya Memakai Gadget Berlebihan . Retrieved November 1, 2022, from Youtube.com: https://www.youtube.com/watch?v=eV6KMODCNao
Maroni, Dewi, E., Fathonah, R., Warganegara, D., Ariani, N. D., & Anwar, M. (2020). Pencegahan Penyalahgunaan Gadget dan Perlindungan Anak pada Siswa SMA IT Daarul ‘Ilmi Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang , 257-265.
Nandaz, C. (2017, Maret 28). Efek Gila Sama Gadget - Smartphone (Motion Graphic). Retrieved November 1, 2022, from Youtube.com: https://youtu.be/3_0muowriNs
Neuron. (2019, Januari 20). Akibat Main Gadget Terlalu Banyak . Retrieved November 1, 2022, from Youtube.com: https://www.youtube.com/watch?v=7ic8nuwC8Tk
School, S. P.-I. (2019, November 8). Kecanduan Main Gadget (Bahaya Gadget). Retrieved November 1, 2022, from Youtube.com: https://www.youtube.com/watch?v=uod6wmIrwEw
Yusoff, M, Rahman, S.,A., Mutalib, S., and Mohammed, A. , 2006, Diagnosing Application Development for Skin Disease Using Backpropagation Neural Network Technique, Journal of Information Technology, vol 18, hal 152-159
Copyright (c) 2022 Zulfitri Yani, Nurmaliana Pohan, Juna Eska
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.