PELATIHAN COMPUTATIONAL THINKING BAGI GURU MI DAN MTs AD DAUD KOTA SAMARINDA

PKM

  • Siti Qomariah
  • Fathur Rahman
  • Arista Wibowo
Keywords: Computational thinking, informatika, bebras Challenge

Abstract

Computational Thinking (CT) adalah proses berfikir untuk memformulasikan persoalan dan solusinya.  Metode pemecahan masalahnya menerapkan teknik dari ilmu komputer (informatika).  Penerapan pendekatan computational thinking dalam proses pembelajaran akan memungkinkan siswa untuk membuat hubungan antara materi pelajaran dan kehidupan mereka di luar kelas.  Kegiatan Pengabidan masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan memberikan pelatihan dan pembinaan kepada sekolah terkait metode computational thinking. Hasil yang diharapkan adalah metode computational thinking (CT) ini dapat diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran di sekolah, sehingga mendorong siswa untuk berpikir lebih komputasi. Selain itu, diharapkan para guru mampu mempersiapkan siswa untuk berkompetisi di Bebras Challenge Indonesia sebagai kompetisi Computational Thinking. Kegiatan ini terdiri dari pemaparan computational thinking, pembahasan soal menggunakan computational thinking, dan pengenalan Bebras Challenge.  Pada kegiatan pengabdian ini peserta mengalami peningkatan pengetahuan mengenai Computational Thinking serta adanya feedback penilaian bagi fasilitator

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansori, Miksan. 2020. “Pemikiran Komputasi (Computational Thinking) Dalam Pemecahan Masalah.” Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam 3(1): 111–26.

Araujo, Ana Liz Souto O, Wilkerson L Andrade, Dalton D Serey Guerrero, and Monilly Ramos Araujo Melo. 2019. “How Many Abilities Can We Measure in Computational Thinking? A Study on Bebras Challenge.” In Proceedings of the 50th ACM Technical Symposium on Computer Science Education, , 545–51.

Bebras Indonesia. 2018. “Pembahasan Soal-Situs Resmi Bebras Indonesia.” Bebras indonesia. http://bebras.or.id/v3/pembahasan-soal/ (December 1, 2022).

Hewi, La, and Muh Shaleh. 2020. “Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini).” Jurnal Golden Age 4(01): 30–41.

Hsu, Ting-Chia, Shao-Chen Chang, and Yu-Ting Hung. 2018. “How to Learn and How to Teach Computational Thinking: Suggestions Based on a Review of the Literature.” Computers & Education 126: 296–310.

Rozady, Margaretha P N, and Yosafat P Koten. 2022. “Scratch Sebagai Problem Solving Computational Thinking Dalam Kurikulum Prototipe.” Increate-Inovasi Dan Kreasi Dalam Teknologi Informasi 8(1).

Wibawa, Helmie Arif et al. 2020. “Pelatihan Computational Thinking Bagi Guru SMP-SMK Muhammadiyah 2 Kota Semarang.” E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 11(2): 173–78.

Wing, Jeannette M. 2006. “Computational Thinking.” Communications of the ACM 49(3): 33–35.

Published
2023-06-20
Abstract viewed = 160 times
PDF downloaded = 113 times