PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PENGENALAN HIDROPONIK DAN VERTIKULTUR DI SMP MUHAMMADIYAH 2 KOTA TARAKAN
Abstract
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah komponen penting dalam Kurikulum Merdeka yang bertujuan untuk membentuk karakter pelajar Indonesia agar menjadi individu pembelajar sepanjang hayat dengan nilai-nilai luhur, seperti akhlak mulia, kemandirian, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, semangat gotong royong, serta mampu berperan dalam masyarakat global yang beragam. Kegiatan pengenalan teknologi pertanian hidroponik dan vertikultur diharapkan menjadi bagian dalam pembentukan pendidikan karakter dan literasi lingkungan SMP Muhammadiyah 2 Kota Tarakan yang mendukung P5. Kegiatan ini meliputi sosialisasi dan penyuluhan hidroponik, pengenalan media tanam, praktik pembibitan, serta pindah tanam. Siswa dibekali pemahaman tentang pertanian perkotaan dan teknologi budidaya modern yang relevan dengan tantangan keterbatasan lahan dan kebutuhan pangan sehat. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme tinggi dan keterlibatan aktif siswa, terutama dalam membangun sikap gotong royong yang tercermin dari kolaborasi, kepedulian, dan semangat berbagi. Kegiatan ini turut berperan dalam mewujudkan pencapaian dimensi Profil Pelajar Pancasila secara menyeluruh dan terintegrasi melalui pembelajaran kokurikuler. Kolaborasi antara narasumber dan siswa berhasil menumbuhkan kesadaran akan pentingnya teknologi berkelanjutan serta potensi siswa dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan secara inovatif.
Downloads
References
Aini, N., & Azizah, N. (2018). Teknologi Budidaya Tanaman Sayuran Secara Hidroponik. Universitas Brawijaya Press.
Hadiyanti, N., Probojati, R. T., Prayoga, R. N., & Subarkah, M. K. P. (2025). budidaya tanaman hortikultura sistem hidroponik untuk menarik minat generasi muda dalam bidang pertanian. Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 11(1), 11-19.
Ikmal, H. (2021). Nalar Humanisme dalam Pendidikan: Belajar dari Ki Hadjar Dewantara dan Paulo Freire. Nawa Litera Publishing.
Mansyur, N. I., Pudjiwati, E. H., & Murtilaksono, A. (2021). Pupuk dan Pemupukan. Syiah Kuala University Press.
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Puskurja.
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2022). Dimensi, Elemen dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. Badan Standar Kurikulum dan Assesmen Pendidikan.
Kusumah, W., & Alawiyah, T. (2021). Guru Penggerak: Mendorong Gerak Maju Pendidikan Nasional. Penerbit Andi.
Pranata, W. A., Wahyuningrum, P. M. E., & Jelahu, T. T. (2020). Penanaman karakter melalui pendidikan agama Katolik di sekolah dasar. Sepakat: Jurnal Pastoral Kateketik, 6(2), 111-123.
Pasaribu, S. (2020). Pengaruh Media Tanam dan Pupuk Organik Cair Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kailan (Brassica oleracea) Dalam Sistem Hidroponik Sumbu. Skripsi. Universitas HKBP Nommensen.
Puspasari, I., & Triwidyastuti, Y. (2018). Otomasi sistem hidroponik wick terintegrasi pada pembibitan tomat ceri. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, 7(1), 97-104.
Puspita, M., Laksono, R. A., & Syah, B. (2021). Respon pertumbuhan dan hasil bayam merah (Alternanthera amoena Voss.) akibat populasi dan konsentrasi AB Mix pada hidroponik rakit apung. Agritrop: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 19(2), 130-145.
Siregar, M. H. F. F., & Novita, A. (2021). Sosialisasi budidaya sistem tanam hidroponik dan veltikultur. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 113-117.
Sitinjak, W., Sinaga, R., Reni, L., Simanjuntak, R., Marbun, J., Siadari, M., Tuah, H., Rizky, J., Sitinjak, I.Y. and Sitinjak, H., 2024. Pemanfaatan pekarangan dalam mendukung ketahanan pangan dan gizi sehat keluarga dengan budidaya tanaman sayuran secara vertikultur di masyarakat sekitar GMI Banuh Raya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sapangambei Manoktok Hitei, 4(2), pp.370-380.
Sulistyowati, L., & Nurhasanah, N. (2021). Analisa dosis AB Mix Terhadap nilai TDS dan pertumbuhan pakcoy secara hidroponik. Jambura Agribusiness Journal, 3(1), 28-36.
Zulkhi, M. D., Tiwandani, N. A., Siregar, I. H., & Saputri, L. (2023). Perwujudan entitas dan identitas bangsa Indonesia dalam pembelajaran abad 21 malalui penerapan Profil Pelajar Pancasila. Journal on Teacher Education, 4(3), 161-171.
Copyright (c) 2025 Nur Indah Mansyur, Eko Hary Pudjiwati, Rocky Juliansen Sembiring

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.