PENGENALAN SISTEM PERTANIAN PERKOTAAN PADA PELAJAR MELALUI INTEGRASI PROGRAM P5
Abstract
Kegiatan pengabdian ini dirancang untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah perkotaan terkait praktik pertanian di lingkungan perkotaan sebagai sarana pembentukan karakter dan peningkatan kepedulian terhadap isu lingkungan. Metode yang diterapkan mencakup penyuluhan interaktif, edukasi kolaboratif, serta praktik langsung berupa budidaya tanaman dengan sistem vertikultur sederhana, penanaman dalam polybag, dan proses pengomposan dari limbah organik. Kegiatan ini selaras dengan nilai-nilai dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Berdasarkan hasil pre-test dan post-test, ditemukan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa mengenai pertanian perkotaan. Selain itu, keterlibatan aktif dan antusiasme siswa selama praktik menunjukkan tumbuhnya kesadaran untuk mulai menerapkan pertanian di rumah. Program ini terbukti menjadi pendekatan pembelajaran kontekstual yang efektif dalam membangun karakter siswa, khususnya pada aspek kemandirian, kolaborasi, dan kepedulian terhadap lingkungan. Diharapkan model kegiatan ini dapat ditiru dan dikembangkan lebih lanjut oleh sekolah lain guna mendukung ketahanan pangan dan pendidikan karakter berbasis lingkungan.
Downloads
References
Aisyahrani, A. (2024). Pengembangan pendidikan karakter di sekolah untuk membentuk generasi muda yang unggul. EDUCAZIONE: Jurnal Multidisiplin, 1(1), 1–12.
Aji, W. T., & Rosiana, M. (2024). Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam pandangan filsafat pendidikan John Dewey. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(4), 262–278.
Budiaman, M. S., Andaryati, A. P., Susanti, A. F., Rahman, A., Ibrahim, J. S., & Winingsih, M. P. (2023). Model Pendidikan Lingkungan Sekolah Adiwiyata. Selat Media.
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2022). Dimensi, Elemen dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. Badan Standar Kurikulum dan Assesmen Pendidikan.
Khalifatun, S., Nuraida, N., Agustin, S., Pakpahan, V. E. A., Robbi, M. I. K., & Setiyadi, B. (2025). Implementasi inovasi kurikulum Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5): tinjauan terhadap efektivitas dan dampaknya dalam pembentukan karakter. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 248–259.
Kinasih, E. T., Nugrahani, A. G., Yusnia, I., Kartika, A. W., Setyasto, N., & Ngatiningsih, N. (2025). Analisis pemanfaatan urban farming dan dampaknya pada pembelajaran Kelas IV SD Negeri Ngaliyan 01. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(2), 410–416.
Mulia, J. R., Nasution, B., Asmendri, A., & Sari, M. (2023). Peranan kurikulum dalam mencapai tujuan pendidikan. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 34–40.
Nafsaka, Z., Kambali, K., Sayudin, S., & Astuti, A. W. (2023). Dinamika pendidikan karakter dalam perspektif Ibnu Khaldun: Menjawab tantangan pendidikan Islam modern. Jurnal Impresi Indonesia, 2(9), 903–914.
Norjanah, H., & Agustina, L. (2025). Paradigma Ki Hajar Dewantara terhadap pengembangan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Psikososial Dan Pendidikan, 1(1), 14–32.
Nurlaelih, E. E., & Damaiyanti, D. R. R. (2019). Urban Farming Untuk Ketahanan Pangan. Universitas Brawijaya Press.
Prasetyo, A. J., & Azizah, M. (2023). Analisis Integrasi nilai karakter dalam kegiatan urban farming di Kelas V SDN Ngemplak Simongan 01 Tahun Pelajaran 2023/2024. Indonesian Journal of Elementary School, 3(2), 167–177.
Rohmatika, D. (2023). Kebijakan merdeka belajar dan implikasinya dalam pembelajaran di sekolah menengah atas. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 9(1), 92–103.
Salsabila, M. N., & Fahreza, M. A. (2025). Kepadatan penduduk: Masalah dan solusinya. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 4(3), 5921–5931.
Copyright (c) 2025 Eko Hary Pudjiwati, Nur Indah Mansyur, Siti Zahara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.








