PELATIHAN DAN PEMDAMPINGAN PROSES PRODUK HALAL DAN PENERBITAN SERTIFIKAT HALAL BAGI PELAKU UMKM DI DESA BANGUN HARJO KUAMANG KUNING
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta kemampuan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam menerapkan prinsip halal pada produk yang mereka hasilkan. Meskipun kesadaran terhadap pentingnya produk halal terus berkembang, masih banyak UMKM yang menghadapi kesulitan dalam memahami regulasi dan prosedur sertifikasi halal. Melalui pelatihan dan pendampingan, peserta dibekali pemahaman mengenai konsep halal, alur sertifikasi menggunakan platform SIHALAL, serta persiapan dokumen yang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta terkait kehalalan produk dan kesiapan mereka dalam mengikuti proses sertifikasi. Sebagian peserta bahkan telah berhasil menyelesaikan tahap awal dalam pendaftaran sertifikasi halal. Hal ini membuktikan bahwa dengan pelatihan dan bimbingan yang tepat, pelaku UMKM mampu meningkatkan daya saing produk mereka melalui pemenuhan aspek kehalalan yang kini semakin menjadi perhatian utama pasar
Downloads
References
. Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). (2021). Panduan Sertifikasi Halal Melalui SIHALAL Versi Terbaru. Kementerian Agama Republik Indonesia. Diakses dari https://halal.go.id
. BPJPH. (2022). Frequently Asked Questions (FAQ) Sertifikasi Halal. Kementerian Agama RI
. Hashim, H. I. C., & Shariff, S. M. M. (2016). Halal supply chain management training: Issues and challenges. Procedia Economics and Finance, 37, 33-38.
. Kementerian Agama RI. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Jakarta: Sekretariat Negara.
. Kementerian Koperasi dan UKM RI. (2020). Profil UMKM Indonesia 2020. Jakarta: Kemenkop UKM.
. LPPOM MUI. (2019). Pedoman Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH). Majelis Ulama Indonesia.
. Nurhayati, T., & Hendar, H. (2020). Personal intrinsic religiosity and product knowledge on halal product purchase intention: Role of halal product awareness. Journal of Islamic Marketing, 11(3), 603-620.
. Rajeev, P., Madan, M. S., & Jayarajan, K. (2009). Revisiting Kirkpatrick's model–an evaluation of an academic training course. Current science, 272-276.
. Suzana, A. A., & Che Wan Jasimah, W. M. R. (2006). Halal industry in Malaysia: enhancing human resource capability. In The 8th International Malaysian Studies Conference.
Copyright (c) 2025 Ira Widyastuti, Ramadhani Adi Nugroho, Syah Amin Albadry, Deni Handani, Silvia Jesika, Sasmita Rusnaini, Siti Rahmiati, Haesdhona Haesdhona, Yasmir Yasmir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.