PENINGKATAN KESIAPSIAGAAN SISWA SMK NEGERI 1 PAREPARE MELALUI EDUKASI MITAGASI BANJIR
Abstract
Wilayah Kota Parepare merupakan salah satu daerah rawan banjir akibat kombinasi topografi dataran rendah, curah hujan tinggi, dan sistem drainase yang belum optimal. SMK Negeri 1 Parepare menjadi salah satu sekolah yang terdampak banjir, namun belum memiliki program edukasi kebencanaan yang terstruktur. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesiapsiagaan siswa terhadap risiko banjir melalui edukasi mitigasi berbasis ceramah, diskusi interaktif, dan pemutaran video simulasi. Metode pelaksanaan terdiri dari empat tahapan: perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Sebanyak 71 siswa terlibat dalam kegiatan yang diselenggarakan di aula sekolah. Penilaian pemahaman dilakukan dengan metode pretest dan post-test menggunakan soal pilihan ganda yang relevan dengan materi mitigasi banjir. Hasil pretest menunjukkan rata-rata pemahaman awal sebesar 70,49%, dengan sebagian besar siswa berada pada kategori sedang hingga rendah. Setelah kegiatan edukasi, rata-rata nilai post-test meningkat signifikan menjadi 90,14%, menunjukkan adanya peningkatan pemahaman sebesar 30,47%. Peningkatan ini mengindikasikan bahwa pendekatan edukatif yang digunakan efektif dalam meningkatkan literasi kebencanaan di kalangan siswa. Dengan demikian, kegiatan pengabdian ini dinilai berhasil dalam membekali siswa dengan pengetahuan dasar dan kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir di lingkungan sekolah.
Downloads
References
Muh. N. Imam, M. Manaf, and K. Aksa, “Mitigasi dan Adaptasi Bencana Banjir Rob di Kelurahan Cappa Galung Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare,” Urban and Regional Studies Journal, vol. 7, no. 2, pp. 224–235, Jun. 2025, doi: 10.35965/ursj.v7i2.6051.
D. A. Nugroho and W. Handayani, “Kajian Faktor Penyebab Banjir dalam Perspektif Wilayah Sungai: Pembelajaran Dari Sub Sistem Drainase Sungai Beringin,” Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota, vol. 17, no. 2, pp. 119–136, Jun. 2021, doi: 10.14710/pwk.v17i2.33912.
Lestari Irene Purba et al., “Mitigasi Bencana dan Lingkungan,” 2024, Accessed: Aug. 04, 2025. [Online]. Available: https://kitamenulis.id/2024/05/21/mitigasi-bencana-dan-lingkungan/
J. Lassa, M. Petal, and A. Surjan, “Understanding the impacts of floods on learning quality, school facilities, and educational recovery in Indonesia,” Disasters, vol. 47, no. 2, pp. 412–436, Apr. 2023, doi: 10.1111/disa.12543.
Mulianingsih Ferani, Suharini Erni, Handoyo Eko, and Purnomo Arif, “The Future Perspective of School Flood Disaster Education in Semarang,” Proceedings of International Conference on Science, Education, and Technology, vol. 9, pp. 267–19070, Sep. 2023, doi: https://proceeding.unnes.ac.id/ISET/article/view/2429.
N. R. Desilia, J. Lassa, and R. S. Oktari, “Integrating Disaster Education into School Curriculum in Indonesia: A Scoping Review,” International Journal of Disaster Management, vol. 6, no. 2, pp. 263–274, Dec. 2023, doi: 10.24815/ijdm.v6i2.34867.
W. Anindhita, E. Sari, and D. L. Kusuma, “Mitigasi bencana banjir pada anak usia dini,” Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), vol. 7, no. 2, pp. 504–515, Jun. 2024, doi: 10.33474/jipemas.v7i2.21759.
E. I. Goma, Y. W. Saputra, N. Setyiani, and G. Perkasa, “Sosialisasi Mitigasi Bencana Banjir Bagi Siswa di SMAN 4 Samarinda,” Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 3, p. 1039, Sep. 2022, doi: 10.20527/btjpm.v4i3.5586.
L. Qurrotaini, A. Amanda Putri, A. Susanto, and Sholehuddin, “EDUKASI TANGGAP BENCANA MELALUI SOSIALISASI KEBENCANAAN SEBAGAI PENGETAHUAN ANAK TERHADAP MITIGASI BENCANA BANJIR,” AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 35–42, Apr. 2022, doi: https://doi.org/10.24853/an-nas.2.1.35-42.
S. M. Efastri, R. Wahyu Erianti, and A. Miftachul Hudha, “Persepsi Guru Terhadap Mitigasi Bencana Banjir Bagi Anak Usia Dini di TK Pembina Kampar,” Jurnal Pelita PAUD, vol. 7, no. 2, pp. 440–444, Jul. 2023, doi: 10.33222/pelitapaud.v7i2.3089.
Firman Risman et al., “Sosialisasi Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi pada Proyek Rehabilitasi dan Renovasi Stadion B.J. Habibie Parepare,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, vol. 7, no. 2, pp. 119–127, Jun. 2025, doi: https://doi.org/10.24853/jpmt.7.2.119-128.
R. Haristiani, B. Setioputro, R. A. Yunanto, R. I. Al Alawi, and A. Zahra, “Peningkatan Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Banjir Melalui Edukasi Video Animasi dan Simulasi di SMPN 3 Ambulu Jember,” DEDIKASI SAINTEK Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 26–35, Apr. 2023, doi: 10.58545/djpm.v2i1.42.
S. Anggraini, “Penerapan Integrated Learning untuk Meningkatkan Kesiapsiagaan Bencana Pada Peserta Didik SMAN 1 Bantur,” Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, vol. I, no. 3, Jun. 2020, doi: https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i3.2322.
Copyright (c) 2025 Risman Firman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.








