PEGUATAN KAPASITAS PEBELAJAR ENTERPRENERSHIP MELALUI PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLEGENCE BAGI PELAJAR SMA NEGERI 10 GOWA

  • Firdaus W. Suhaeb Universitas Negeri Makassar
  • Muh Rijal Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Makassar
  • Mario Mario Universitas Negeri Makassar
  • Sopian Tamrin Universitas Negeri Makassar
  • Saifuddin Saifuddin Universitas Negeri Makassar
Keywords: Artificial Intelegence, Pelajar, Enterprenership

Abstract

Perkembangan teknologi digital, khususnya Artificial Intelligence (AI), telah membawa transformasi signifikan dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk sektor pendidikan. AI menjadi instrumen strategis yang mampu meningkatkan kualitas proses belajar mengajar melalui sistem pembelajaran adaptif, personalisasi materi, serta penyediaan akses informasi yang lebih cepat dan relevan. Kemajuan teknologi AI telah mengubah cara pendidikan disampaikan, dikelola, dan diakses oleh siswa dan pendidik. Dengan adanya AI, pendidikan menjadi lebih personal, adaptif, dan inovatif. Sehubungan dengan itu maka di pandang penting untuk siswa mengetahui pemanfaatan AI yang lebih maksimal guna mendukung proses pembelajaran. Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu 1) memperkenalkan kepada siswa macam-macam teknologi artificial intelligence dalam entrepreneurship,2)meningkatkan pengetahuan siswa dalam penggunaan artificial intelligence dalam meningkatkan kapasitas pembelajar yang mandiri, kritis, kreatif, inovatif dan partisipatif, 3) mengimplementasikan teknologi artificial intelligence dalam meningkatkan kapasitas pembelajar yang mandiri, kritis, kreatif, inovatif dan partisipatif. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan dan pendampingan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini yaitu meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam mengaplikasikan berbagai teknologi. Siswa tidak hanya memperoleh wawasan konseptual mengenai pentingnya sikap kreatif, inovatif, dan mandiri, tetapi juga mendapatkan pengalaman praktis memanfaatkan artificial intelligence (AI) sebagai media penunjang ide dalam pembelajaran dan ide kewirausahaan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Liriwati, F. Y. (2023). Transformasi Kurikulum; Kecerdasan Buatan untuk Membangun Pendidikan yang Relevan di Masa Depan. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 62–71.

Manongga, D., Rahardja, U., Sembiring, I., Lutfiani, N., & Yadila, A. B. (2022). Dampak Kecerdasan Buatan Bagi Pendidikan. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3 (2), 41–55.

Prastiwi, C. H. W., & Pujiawati, N. (2019). Penggabungan artificial intelligence dan kecerdasan alami dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2(1), 172–178.

Cleophas, Frans. (2011). Penggunaan Media Pembelajaran Yang Tepat Dapat Menunjang Keberhasilan Dalam Proses Pembelajaran. [Online]. Tersedia http://kursusinggris.wordpress.com/2011/01/19/penggunaan-mediapembelajaran-yang-tepat-dapat-menunjang

Mishra, P., & Koehler, M. (2009). Teachers’ Technological Pedagogical Content Knowledge and Learning Activity Types : Curriculum-based Technology Integration Reframed. Journal of Research on Technology in Education,

Hume, A., & Berry, A. (2010). Constructing CoRes –a strategy for building PCK inpre-service science teacher education. Research in Science Education, DOI10.1007/s11165

Kind, V. (2009). Pedagogical content knowledge in science education: Potential and perspectives for progress. Studies in Science Education, 45 (2), 169–204

Loughran, J., Mullhall, P., & Berry, A. (2004). In search of pedagogical content knowledge in science: Developing ways of articulating and documenting professional practice. Journal of Research in Science Teaching, 41(4), 370

Loughran, J., Berry, A., & Mullhall, P. (2006). Understanding and developing science

teachers’ pedagogical content knowledge. Rotterdam, The Netherlands: Sense Publishers.

Published
2025-11-10
How to Cite
W. Suhaeb, F., Rijal, M., Mario, M., Tamrin, S., & Saifuddin, S. (2025). PEGUATAN KAPASITAS PEBELAJAR ENTERPRENERSHIP MELALUI PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLEGENCE BAGI PELAJAR SMA NEGERI 10 GOWA. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 531 - 535. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v5i2.4857
Abstract viewed = 0 times