PENGUATAN PENDIDIKAN BAHARI BERBASIS KEAGAMAAN MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN MARITIM BAGI SISWA DI SD 82 PATTENE KABUPATEN MAROS

  • Rifal Rifal Universitas Negeri Makassar
  • Ririn Nurfaathirany Heri Universitas Negeri Makassar
  • Sitti Hardiyanti Arhas Universitas Negeri Makassar
  • Salwia Salwia Universitas Negeri Makassar
  • Muh Rijal Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Makassar
Keywords: Pendidikan Bahari, Keagamaan, Keterampilan Maritim

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat pendidikan bahari berbasis keagamaan melalui pelatihan keterampilan maritim bagi siswa SD 82 Pattene, Kabupaten Maros. Maros memiliki potensi maritim yang besar, namun belum diimbangi dengan pendidikan yang memadai untuk menanamkan kesadaran bahari sejak dini. Selain itu, integrasi nilai-nilai keagamaan dalam konteks kemaritiman menjadi penting untuk membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia sekaligus mencintai potensi lokal. Metode pelaksanaan meliputi tiga tahap: (1) sosialisasi konsep pendidikan bahari berbasis agama melalui ceramah interaktif dan diskusi; (2) pelatihan keterampilan maritim dasar seperti navigasi sederhana, keselamatan di laut, dan pengenalan ekosistem pesisir. Kegiatan melibatkan 50 siswa kelas VI-V. Selain itu, siswa mampu menciptakan produk kerajinan dari bahan laut sebagai wujud kreativitas dan kepedulian lingkungan. Program ini juga mendorong sinergi antara sekolah, masyarakat, dan pemangku kepentingan dalam mengembangkan kurikulum berbasis kearifan lokal. Dampak jangka panjang yang diharapkan adalah terwujudnya generasi muda yang kompeten di bidang maritim, berkarakter religius, dan siap berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan wilayah pesisir. Melalui pendekatan holistik ini, pendidikan bahari tidak hanya menjadi sarana pembelajaran, tetapi juga media penguatan identitas budaya dan spiritual masyarakat Maros.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andoni, A. (2021). Lukisan Dinding Gua Prasejarah Kawasan Karst Matarape Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah: Data Baru Sebaran Lukisan Dinding Gua Prasejarah di Pulau Sulawesiul. Universitas Hasanuddin.

BPS. (2022). Statistik Daerah Kabupaten Maros 2022.

Dodlek, I. (2024). Values in Narratives: Religious Education as an Exercise in Emotional Rationality. In Religions (Vol. 15, Issue 10). https://doi.org/10.3390/rel15101283

Reid, A. (1988). Southeast Asia in the Age of Commerce, Volume One: The Lands Below the Winds. New Haven: Yale University Press.

Rifal. (2024). Pendidikan Berbasis Nilai-Nilai Religius Bagi Masyarakat Bahari di Pangkajene dan Kepulauan. Jurnal pemikiran dan pengembangan pembelajaran, vol. 6 no. 3 (2024): jurnal pemikiran dan pengembangan pembelajaran (JP-3), 539–546. https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/1455/1162

Rifal, R., Ahmadin, A., Malihu, L., Ridha, M. R., & Sanur, I. S. (2024). Sosialisasi Ruang Ekologis Berbasis Nilai-Nilai Religius Pada Masyarakat Nelayan di Desa Liya One Melangka, Wangi-Wangi Selatan Wakatobi. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 203–208.

Saptono, D., Hermawan, R., & Bandono, A. (2023). Pembinaan dan Evaluasi Kursus Perwira Bagi Personel TNI Angkatan Laut pada Prodi Potensi Maritim. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 9(2), 195–203.

Zamkowska, I. (2020). God’s not dead 1-Open Education Model of religious education in the world of mixed values. The Journal of Education, Culture, and Society, 11(2), 82–97.

Oktaviana, A.A., Joannes-Boyau, R., Hakim, B. et al. Narrative cave art in Indonesia by 51,200 years ago. Nature 631, 814–818 (2024). https://doi.org/10.1038/s41586-024-07541-7

Data Primer: Observasi dan Wawancara Awal di SD 82 Pattene (Januari 2025).

Published
2025-11-10
How to Cite
Rifal, R., Nurfaathirany Heri, R., Hardiyanti Arhas, S., Salwia, S., & Rijal, M. (2025). PENGUATAN PENDIDIKAN BAHARI BERBASIS KEAGAMAAN MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN MARITIM BAGI SISWA DI SD 82 PATTENE KABUPATEN MAROS. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 536 - 543. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v5i2.4881
Abstract viewed = 0 times