PELATIHAN SOFT SKILL DAN HARD SKILL BAGI MAHASISWA UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DAN KESIAPAN KERJA

  • Ira Widyastuti IAKSS
  • Syah Amin Albadry Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio, Muara Bungo, Jambi
  • Deni Handani Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio, Muara Bungo, Jambi
  • Sasmita Rusnaini Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio, Muara Bungo, Jambi
  • Siti Rahmiati Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio, Muara Bungo, Jambi
  • Ha esdhona Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio, Muara Bungo, Jambi
  • Feri Antoni Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio, Muara Bungo, Jambi
Keywords: Soft Skill, Hard Skill, Mahasiswa, Daya Saing, Kesiapan Kerja

Abstract

Dalam menghadapi tantangan dunia kerja di era Revolusi Industri 4.0 saat ini, mahasiswa dituntut memiliki kompetensi yang seimbang antara hard skill (keterampilan teknis) dan soft skill (keterampilan non-teknis). Fakta menunjukkan bahwa kurangnya kesiapan kerja dan persaingan yang rendah masih menyulitkan banyak lulusan perguruan tinggi untuk masuk ke dunia kerja. Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa melalui pelatihan yang menggabungkan hard skill (seperti keterampilan digital, penggunaan teknologi, dan analisis data) dengan soft skill (seperti komunikasi, kepemimpinan, manajemen waktu, dan kerja sama tim). Metode pelaksanaan dilakukan melalui pelatihan interaktif, simulasi kasus dan pendampingan intensif oleh narasumber. Diharapkan bahwa kegiatan ini akan membuat mahasiswa lebih siap kerja, kompetitif di seluruh dunia, dan mampu menyesuaikan diri dengan perubahan kebutuhan industri. Manfaat yang diharapkan dari kegiatan ini tidak hanya dirasakan oleh mahasiswa yang berpartisipasi; itu juga dapat berfungsi sebagai model pembinaan kompetensi yang dapat direplikasi yang menekankan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia demgan itu mereka bisa bersaing di pasar kerja global.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

.Badan Pusat Statistik. (2023). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2023. Jakarta: BPS.

. Cimatti, B. (2016). Definition, development, assessment of soft skills and their role for the quality of organizations and enterprises. International Journal for Quality Research, 10(1), 97–130. https://doi.org/10.18421/IJQR10.01-05

. Heckman, J. J., & Kautz, T. (2012). Hard evidence on soft skills. Labour Economics, 19(4), 451–464. https://doi.org/10.1016/j.labeco.2012.05.014

. Kemdikbudristek. (2021). Merdeka Belajar: Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

. Rachmawati, I., & Wulansari, D. (2020). Pengaruh soft skills terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(2), 118–128.

. Supriyadi, T., & Handayani, N. (2022). Strategi peningkatan kompetensi hard skills dan soft skills mahasiswa melalui program pelatihan berbasis proyek. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 29(1), 45–56.

. World Economic Forum. (2020). The Future of Jobs Report 2020. Geneva: WEF. Retrieved from https://www.weforum.org/reports/the-future-of-jobs-report-2020

. Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1–13.

Published
2025-12-12
How to Cite
Ira Widyastuti, Syah Amin Albadry, Deni Handani, Sasmita Rusnaini, Siti Rahmiati, Ha esdhona, & Feri Antoni. (2025). PELATIHAN SOFT SKILL DAN HARD SKILL BAGI MAHASISWA UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DAN KESIAPAN KERJA. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 1029 - 1035. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v5i2.4975
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times