Peran Customer Service (CS) Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Penabung Pada Bank Muamalat KCP Ponorogo

  • devi anggita rahmadanti Institut Agama islam negeri ponorogo
Keywords: Customer service, Loyalitas Nasabah, Pelayanan Bank Muamalat KCP Ponorogo.

Abstract

Persaingan yang ketat di sektor perbankan menuntut setiap bank untuk mengedepankan kualitas

pelayanan sebagai faktor utama dalam membangun serta mempertahankan loyalitas nasabah.

Peran customer service (CS) sangat penting karena menjadi garda terdepan dalam menjalin

komunikasi antara bank dan nasabah. di Bank Muamalat KCP Ponorogo, pelayanan customer

service dinilai masih belum optimal secara interpersonal, meskipun secara administrasi sudah

berjalan dengan baik. Observasi awal menunjukkan bahwa aspek seperti keramahan, empati, dan

pendekatan personal masil perlu ditingkatkan untuk menciptakan pengalaman layanan yang

memuaskan dan mendorong loyalitas nasabah penabung.

 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana peran customer service dalam

meningkatkan loyalitas nasabah penabung, serta mengidentifikasi faktor pendukung, penghambat,

dan dampak dari peran customer service dalam meningkatkan loyalitas. Metode yang digunakan

adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data

meliputi wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi, dengan narasumber dari

pihak Bank Muamalat KCP Ponorogo dan nasabah aktif bank tersebut.

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer service memiliki peran penting dalam meningkatkan

loyalitas nasabah melalui pelayanan yang cepat, tanggap, sopan, dan informatif. Namun, masih

terdapat kendala seperti keterbatasan personel dan kurangnya pelatihan rutin dan berkelanjutan

dan kurangnya fasilitas digital. Bank Muamalat KCP Ponorogo menerapkan SOP bagi setiap

stafnya. Dampak yang dapat dirasakan apabila customer service melayani nasabah sesuai SOP

yaitu, meningkatkan kepuasan nasabah, membangun kepercayaan jangka Panjang, meningkatkan

retensi nasabah, mendorong word of mouth positive, dan membangun emotional bonding (ikatan

emosi).   

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-06-30
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times