PENERAPAN ECO-SCHOOL DENGAN BUDIDAYA KANGKUNG DARAT DAN PEPAYA CALIFORNIA DI SMP IT KHAZANAH BOARDING SCHOOL
Abstract
Pengembangan potensi Eco-School SMP IT Khazanah Boarding Scchool di Kecamatan Pujud dapat diwujudkan dengan budidaya kangkung darat dan pepaya california dengan memanfaatkan para santri dibawah pengawasan kepala Sekolah dan guru-guru yang ada. Metode dalam mewujudkan Eco-School adalah dengan menyediakan sarana dan parasarana berupa penyediaan media tanam, pengadaan bibit yang berkualitas dan tenaga terampil dalam melakukan penyuluhan dan pendampingan serta keikut sertaan dan partisipasi mahasiswa Kukerta dalam pembudidayaan kangkung darat dan pepaya california tersebut sehingga mendapatkan hasil usaha maksimal. Hasil panen kangkung darat dan pepaya California dapat memenuhi kebutuhan konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan untuk para santri dan guru yang tinggal di komplek SMP IT Khazanah Boarding School. Kelebihan dari kebutuhan konsumsi para santri dan guru dapat dijual dengan cara mencari langganan tetap dipasar-pasar yang ada di Kecamatan Pujud. Hasil panen budidaya kangkung darat dan pepaya california ini selain dapat digunakan sebagai modal dasar untuk kelanjutan budidaya kangkung untuk tahap selanjutnya dan dapat pula digunakan sebagai tambahan dana untuk keperluan sayur dan buah-buahan dalam memenuhi konsusi harian santri di SMP IT Khazanah Boarding School ini. Pembudidayaan kangkung darat dan pepaya california terbukti sebagai Model Eco-School cikal bakal sekoalah berbasis lingkungan berkelanjutan
Downloads
References
Distan.bantenprov.go.id, 2022, Budidaya Kangkung Darat Organik, https://dispertan.bantenprov.go.id/lama/read/artikel/458/Budidaya-Kangkung-Darat Organik.html, Diakses Tanggal 19 Januari 2022, Jam : 20.46.
Karmilasari V, Putri S. D., Faidlulloh D., 2022, Strategi Program Eco-School Dalam Menghadirkan Karakter Peduli Lingkungan, Jurnal Ilmiah Administrasi public Pembengunan ADMINISTRTIO, 11 (02) : 129 – 140.
Kartini Y. A., Robbani S., 2022, Pemanfaatan Tanaman Kangkung Dan Sampah Lingkungan
Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Ngumpakdalem Di Masa Pandemi Covid 19, MAFAZA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (1) : 69 – 82.
Mitrasulawesi.co.id, 2022, Menteri LHK : Adiwiyata Merupakan Implementasi Pendidikan dari Lingkungan Hidup, https://mitrasulawesi.id/2019/12/15/menteri-lhk-adiwiyata-merupakan-implementasi-pendidikan-dari-lingkungan-hidup/, Diakses Tanggal : 24 Agustus 2022 Jam 11.54 Wib.
Nurdin, Zulkifli, Fatnanta F., Shalahuddin, dan Suprayogi I, 2021, Program Eco-Masjid Dengan Budidaya Kangkung Darat di Masjid Baitul Izzah Kecamatan Pujud, Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat 2021 : SNPPM2021-1 – SNPPM2021-7.
Pratama G. G. M., Elgasari B., Istiaji B., Hidayat B., Suwarto, Bayuardi W., 2020, Pengembangan Kemitraan dan Pemberdayaan Masyarakat melalui Pembibitan Pepaya (Carica papaya L.) di Desa Bojong, Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2 (3) : 524 – 529.
Rihlah N. A., Dian E. N. I., Umi K., 2017, Pengelolaan Lingkungan Berbasis Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Hakim Lombok NTB), Jurnal Hayula, 1 (2) : 229 – 244.
Rochmat A. P, 2016. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia, Ziya Visi Media dan Nulisbuku.com.
Sunanik, 2015, Penguatan Ekonomi Kreatif Dan Inovatif Berbasis Sumberdaya Desa Besuki Di Kecamatan Besuki Tulungagung, J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 1 (1) : 20 -27.
Utari I, 2022, PEPAYA CALIPORNIA, https://pertanian.pontianakkota.go.id/produk-unggulan-detil/5-pepaya-california.html , Diakses Tanggal 24 Januari 2022, Jam : 7.21 WIB.
Copyright (c) 2022 Nurdin, Zulkifli, Suprasman, Yenita Morena, Ermiyati, Muhammad Shalahuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.