PERSEPSI PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DESA JAKE KEC. KUANTAN TENGAH TERHADAP KEBERADAAN BANK SYARIAH YANG ADA DI KAB. KUANTAN SINGINGI

  • Mesraudha Mesraudha Mesraudha Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Dian Meliza Meliza
  • Meri Yuliani Yuliani

Abstract

Abstract

 

Perceptions Of Small And Medium Micro Enterprises In Jake Village, Kec. Central Kuantan To The Existence Of Sharia Banks In The Regency. Kuantan Singigi

 

This research is motivated by the development of Islamic banking in Teluk Kuantan City, which currently has several Islamic banks, namely Bank Syariah Mandiri, BSI, and Bank Riau Kepri Syariah. Teluk Kuantan and Kuantan Singingi generally have a majority Muslim population with large incomes.

This study aims to determine the Perceptions of Micro, Small and Medium Enterprises Perceptions of Islamic Banks and what are the factors that influence the perceptions of Micro, Small and Medium Enterprises Perceptions of Sharia Banks. The population in this study were Micro, Small and Medium Enterprises in Jake Village, Kuantan Tengah District, amounting to 1,464 people. And the author only took 44 people as a sample. Sampling technique using the Slovin formula. And the data collection techniques used are observation, questionnaires, interviews, and documentation. The data were analyzed descriptively qualitatively using the percentage formula.

From the results of this study, it can be concluded that the Perceptions of Perceptions of Micro, Small and Medium Business Actors towards Islamic banks are included in the fairly good category as indicated by the figure of 45.45%. The factors that influence the perception of MSME actors towards Islamic banks are family factors and cultural factors.

 

Keywords: Perception, Micro, Small and Medium Enterprises, Sharia

 

Abstrak

 

Persepsi Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Desa Jake Kec. Kuantan Tengah Terhadap Keberadaan Bank Syariah Yang Ada Di Kab. Kuantan Singingi

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan perbankan syariah di Kota Teluk Kuantan yang saat ini telah berdiri beberapa bank syariah yaitu Bank Syariah Mandiri, BSI, dan Bank Riau Kepri Syariah. Teluk Kuantan dan Kuantan Singingi umumnya secara kuantitas memiliki jumlah penduduk mayoritas beragama Islam dengan penghasilan yang besar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah terhadap Bank Syariah dan apa saja faktor yang mempengaruhi persepsi pelaku Persepsi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah terhadap Bank Syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang ada di Desa Jake Kecamatan Kuantan Tengah yang berjumlah 1.464 orang. Dan penulis hanya mengambil 44 orang sebagai sampelnya. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan rumus Slovin. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisa secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan rumus persentase.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Persepsi Pelaku Persepsi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah terhadap bank syariah termasuk dalam kategori cukup baik yang ditunjukkan dengan angka 45,45%. Faktor-faktor yang mempengaruhi Persepsi Pelaku UMKM terhadap Bank Syariah adalah faktor kekeluargaan dan faktor kebudayaan.

 

Keywords: Persepsi, Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Bank Syari’ah.

Published
2021-12-31
Section
Articles