RELEVANSI STRATEGI MANAJEMEN PENGELOLAAN BISNIS ALA NABI MENUJU ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0 OLEH AL JAM’IYATUL WASHLIYAH

  • Burhanuddin Burhanuddin Burhanuddin

Abstract

ABSTRACT

The civilization of the world of science and technology is now heading towards the era of industrial revolution 4.0 and society 5.0, it takes the readiness of the world community to be able to deal with it. Indonesia, the majority of the population is Muslim, there are many Islamic organizations, one of which is Al Jam'iyatul Washliyah. This study aims to explore the relevance of the Prophet's business management management by Al Jam'iyatul Washliyah towards the industrial era 4.0 and society 5.0. The methodology used is a literature study approach to national and international journal articles, as well as books and other literature related to business management in the style of the Prophet. Second, it is necessary to reconstruct the side of the tijarah of the Prophet Muhammad, especially the business management that he implemented so as to achieve spectacular success in his time, so the theory and practice of the Prophet's business will remain relevant throughout the ages. Third, the principles of efficiency and effectiveness are used to measure the level of success of a business. This principle is still needed even in conditions as high and sophisticated as however the application of human science and technology requires ethical business services and behavior, and this is an important part of Islamic economic philosophy, namely at-Tawhid, wal 'adlah wal mslahah. In other words, in order to be successful in running a business, the characteristics of shiddiq, amanah, tabligh, amanah, and fathanah can be used as the basic capital to apply the principles of efficiency and effectiveness. In this case Al-Washliyah needs to carry out business management in the style of the Prophet, because this is in accordance with Islamic teachings.

Keyword: Prophetic Business, business management, industrial revolution 4.0 and society 5.0, Al-Washliyah.

ABSTRACT

Peradaban dunia ilmu pengetahuan dan teknologi kini sedang menuju era revoulusi industri 4.0 dan society 5.0, dibutuhkan kesiapan masyarakat dunia untuk bisa menghadapinya. Indonesia mayoritas penduduknya adalah muslim terdapat banyak ormas Islam, salah satunya adalah Al Jam’iyatul Washliyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor relevansi manajemn pengelolaan bisnis ala Nabi oleh Al Jam’iyatul Washliyah menuju era industri 4.0 dan society 5.0. Metodologi yang digunakan yaitu pendekatan studi literatur terhadap artikel jurnal nasional dan internasional, maupun buku dan literatur lainnya terkait manajemen pengelolaan bisnis ala Nabi.  Temuan utama yang dihasilkan dalam penelitian ini : Pertama, dalam rangka menuju era revolusi industry 4.0 dan society 5.0 dibutuhkan strategi manajemen pengelolaan bisnis yang baik dan paripurna agar bisa tetap eksis dan sukses yaitu implementasi manajemen bisnis ala Nabi. Kedua, perlu  merekonstruksi sisi tijarah Nabi Muhammad Saw, khususnya manajemen bisnis yang beliau terapkan sehingga mencapai sukses spektakuler di zamannya, maka secara teori dan praktek bisnis ala Nabi akan tetap relevan sepanjang masa. Ketiga, prinsip efisiensi dan efektivitas ini digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu bisnis. Prinsip ini tetap dibutuhkan bahkan dalam kondisi setinggi dan secanggih bagaimana pun penerapan ilmu dan teknologi manusia membutuhkan pelayanan dan perilaku bisnis yang beretika, dan ini bagian penting dalam filsafat ekonomi Islam yaitu at-Tauhid, wal ‘adlah wal mslahah. Dengan kata lain, agar sukses dalam menjalankan binis maka sifat shiddiq, amanah, tabligh, amanah, dan fathanah dapat dijadikan sebagai modal dasar untuk menerapkan prinsip efisiensi dan efektivitas. Dalam hal ini Al-Washliyah perlu melakukan pengelolaan bisnis ala Nabi, karena ini sesuai dengan ajaran Islam.

Kata Kunci: Bisnis Ala Nabi, Manajemen Bisnis, Revolusi Industri 4.0dan Sosiety 5.0, Al-Washliyah

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-15
Section
Articles
Abstract viewed = 263 times
PDF downloaded = 214 times