FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEMISKINAN DI KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI PROVINSI RIAU DI TINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

  • Asih Nabila STIES Imam Asy Syafii Pekanbaru
  • Landes Yuanda STIES Imam Asy Syafii Pekanbaru
  • Nurlaili Jannati STIES Imam Asy Syafii Pekanbaru

Abstract

ABSTRACT

The benchmark for poverty is not only living in food shortages and low income levels, but also looking at the level of health, education and fair treatment before the law and many others. Poverty is a social evil because poverty is the root cause of other problems. Poverty is a global problem and a worrying phenomenon for third world countries, including countries with a majority muslim population. Basic Islamic sources show that Islam does not like poverty and provides a conducive framework for poverty alleviation. Poverty are multidimentional problems which may include education, health and economic growth. Fundamentally, poverty is the inability of having choices and opportunities, which means the lack of basic capability to act effectively in community. It implies not having a proper education or accessibility to healthcare.

The purpose of this research is to look at the influence of education, health and economic growth in district of Kepulauan Meranti. The data that used in this research is the time series data of 10 years that come from 2010 – 2019. The methodology of this research is used the multiple linear regression. The result of this research indicated that there are positive influences between education and health variable, while economic growth variable has negative and significant effect on poverty rate in district of Kepulauan Meranti.

Keywords: Poverty, Education, Health, GDP

 

 

 

ABSTRAK

Tolak ukur kemiskinan bukan hanya hidup dalam kekurangan pangan dan tingkat pendapatan yang rendah, akan tetapi melihat tingkat kesehatan, pendidikan dan perlakuan adil di muka hukum dan sebagainya. Kemiskinan adalah kejahatan sosial karena kemiskinan adalah akar penyebab dari masalah lain. Kemiskinan merupakan masalah global dan fenomena yang mengkhawatirkan bagi negara dunia ketiga termasuk negara-negara dengan mayoritas penduduk muslim. Sumber-sumber dasar Islam menunjukkan bahwa Islam tidak menyukai kemiskinan dan menyediakan kerangka kerja yang kondusif untuk pengentasan kemiskinan. Kemiskinan adalah masalah multidimensi yang didalamnya terdapat pengaruh dari pendidikan, kesehatan dan PDRB.

Secara fundamental kemiskinan adalah ketidakmampuan untuk memiliki pilihan dan kesempatan yang berati kurangnya kemampuan untuk bersikap aktif dimasyarakat yang berdampak pada rendahnya pendidikan yang di dapat dan kurangnya aksesibilitas terhadap pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan, kesehatan dan PDRB terhadap kemiskinan di Kabupaten Kepulauan Meranti. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data rangkaian waktu 10 tahun dari tahun 2010 – 2019. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pendidikan dan kesehatan berpengaruh positif dan variabel PDRB berpengaruh negatif terhadap tingkat kemiskinan.

Kata Kunci: Kemiskinan, Pendidikan, Kesehatan, PDRB, Zakat

Published
2023-06-21
Section
Articles