ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK AMANAH (PEMBIAYAAN KENDARAAN BERMOTOR) DI PT. PEGADAIAN SYARI’AH CABANG SUBRANTAS PEKANBARU

  • Nurita Susanti Susanti Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Wigati Iswandhiari Iswandhiari
  • Meri Yuliani Yuliani

Abstract

Abstract

  1. Pegadaian Syari'ah, the Subrantas Branch of Pekanbaru, has various Gadai Syari'ah products, one of which is the Amanah (Pembiayan Motor Vehicle) product with the aim of helping customers who want to have a motorbike with a low-interest and affordable credit system. This research is a field research (field research), while this type of research is qualitative. The use of this qualitative method aims to make the data obtained more complete, more profound, credible and meaningful. The purpose of this study was to determine the Amanah Product Marketing Strategy (Motor Vehicle Financing) and the factors that influenced it at PT. Pegadaian Syari'ah, Subrantas Branch, Pekanbaru. From the results of the study it was found that: Amanah Product Marketing Strategy (Motor Vehicle Financing) at PT. Pegadaian Syari'ah Subrantas Branch Pekanbaru is by: a) Product is something that can be offered to the market to get attention to be bought, to be used, or to be consumed that can fulfill the desires and needs, b) Price is the amount of money that the customer must pay to obtain a product, c) In the service sector, distribution is defined as any means that increases the existence or enjoyment of a service that adds to its use or income from its use, d) Promotion is the last marketing mix activity. Promotion means an activity that communicates product superiority and persuades target customers to buy it. Factors that influence the strategy of Amanah product marketing (motor vehicle financing) at PT. Syari'ah Pegadaian Subrantas Branch Pekanbaru is: Excellent service, fast and not long-winded, Guaranteed requirements that are relatively easy and not difficult, Very low interest rates when compared to FIF or Adira so as to ease the customer burden of Amanah products and monthly installments are given Grace period.

Keywords: Amanah, Product,  Marketing Strategy

 

Abstrak :

  1. PT. Pegadaian Syari’ah Cabang Subrantas Pekanbaru memiliki berbagai produk Gadai Syari’ah, salah satunya adalah produk Amanah (Pembiayan Kendaraan Bermotor) dengan tujuan agar dapat membantu nasabah yang ingin memiliki motor dengan sistem kredit dengan bunga ringan dan terjangkau. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), sedangkan jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penggunaan metode kualitatif ini bertujuan agar data yang diperoleh lebih lengkap, lebih mendalam, kredibel dan bermakn Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Pemasaran Produk Amanah (Pembiayaan Kendaraan Bermotor) dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di PT. Pegadaian Syari’ah Cabang Subrantas Pekanbaru. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa: Strategi Pemasaran Produk Amanah (Pembiayaan Kendaraan Bermotor) di PT. Pegadaian Syari’ah Cabang Subrantas Pekanbaru adalah dengan cara: a) Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian untuk dibeli,  untuk  digunakan,  atau  untuk  dikonsumsi  yang  dapat  memenuhi  keinginan  dan kebutuhan, b)  Harga adalah jumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan untuk memperoleh suatu produk. c)  Dalam  sektor  jasa,   distribusi  didefinisikan  sebagai  setiap  sarana   yang   meningkatkan keberadaan atau kenikmatan suatu jasa yang menambah penggunaannya atau pendapatan dari penggunaannya, d)  Promosi merupakan kegiatan bauran pemasaran yang terakhir. Promosi berarti aktivitas yang menkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk pelanggan sasaran untuk membelinya. Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi Pemasaran produk Amanah (pembiayaan kendaraan bermotor)   pada PT. Pegadaian Syari’ah Cabang Subrantas Pekanbaru adalah : Pelayanan yang prima, cepat dan tidak bertele-tele, Jaminan persyaratan yang relatif mudah dan tidak sulit, Suku bunga yang sangat rendah jika dibandingkan dengan FIF atau Adira sehingga meringankan beban pelanggan produk Amanah dan angsuran bulanan diberikan tenggang waktu.

Kata kunci: Starategi Pemasara,  Produk,  Amanah.

Published
2020-06-09
Section
Articles