PENGARUH PEMBERIAN POC HEPAGRO TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa. L)

  • Dedi Kuswandi Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: HEPAGRO, Pakcoy, POC

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan di Ceberlin Desa Pualu Godang Kari, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini berlansung selama lebih kurang dua bulan terhitung mulai dari bulan Agustus sampai dengan bulan Saeptember 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh POC HEPAGRO Terhadap Pertumbuhan dan produksi tanaman pakcoy (Brassica rapa. L). Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) Non Faktorial yang terdiri dari satu faktor, yaitu faktor A (POC HEPAGRO) yang terdiri dari 5 taraf : A0 (kontrol), A1 (konsentrasi 10ml/l), A2 (konsentrasi 15ml/l), A3 (konsentrasi 20ml/l), dan A4 (konsentrasi 25ml/l). Data hasil pengamatan dari masing-masing perlakuan dianalisis secara statistik dan dilanjutkan dengan uji lanjut beda nyata jujurĀ  pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pemberian POC HEPAGRO memberikan pengaruh nyata terhadap parameter pengamatan tinggi tanaman, jumlah daun dan berat segar tanaman. Perlakuan terbaik adalah A4 (konsentrsi 25ml/l) yaitu untuk pengamatan tinggi tanaman (27,06 cm), jumlah daun (10.19 helai), berat segar tanaman (167.84 gram).

References

Badan Pusat Statistik Riau. 2016. Http://Bps.Go.Id. Diakses Pada Tanggal 20 Juli 2018.

Basyuni, Z. 2009. Mineral Dan Batuan Sumber Unsur Hara P Dan K. Jurnal. Universitas Jenderal Soedirman. Purbalingga.

Hakim, N., M.Y. Nyakpa, A.M. Lubis, S.G. Hugroho, Rusdi. Saul, M. Amin Dihia, G.B. Hong dan H. H. bailley. 1986. Dasar-Dasar Ilmu Tanah. Universitas Lampung. Lampung.

Handajani, Hany. 2006. Pemanfaatan Limbah Cair Tahu Sebagai Pupuk Alternatif Pada Kultur Mikroalga Spirullina sp. Jurnal Protein Vol.13, No.2,: 188-193.

Harjoso, T dan A. S. D. Purwantono. 2002. Pemanfaatan Tanah Podzolik Merah Kuning melalui Pemberian Pupuk Kandang dan EM4 bagi Program Pengembangan Baby Corn. Jurnal Pembangunan Pedesaan, 2(2): 27-33.

Heriko, W. 2018. Pemanfaatan Limbah Cair Tahu Sebagai Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Padi Sawah (Oriza sativa.L). Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Islam Kuantan Singingi. Teluk Kuantan

Kaswara. J, 1986. Budidaya Jagung Manis (Zea mays saccarata Sturt). Fakultas Pertanian IPB Bogor

Lakitan, B. 1993. Fisiologi Pertumbuhan dan kandungan unsur makro, unsur hara lainnya seperti ZPT yang terkandung dalam POC juga membantu meningkatkan pertumbuhan tanaman. pertumbuhan dan hasil yang lebih baik terhadap semua parameter tanaman pakcoy Perkembangan tanaman. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Lingga, P. 2011. Petunjuk Penggunaan Pupuk. PT. Penebar Swadaya. Jakarta.

Mengel, K Dan Kirkby E,A. 1987. Prinsiples Of Plant Nutrition. International Potash Institute. Bern

Nyakpa, M. Y, A.M. Lubis, M. A. Pulung, A.G. Amroh, A. Munawar, G. B. Hong dan N. Hakim. 1988. Kesuburan Tanah. Universitas Lampung. Lampung.

Palentina, Elpisa. 2015. Uji Pemberian Limbah Cair Tahu dan Pupuk TSP Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Jagung Manis (Zea Mays Saccarta Sturf). Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Islam Kuantan Singingi. Teluk Kuantan.


Parnata, A.S. 2010. Meningkatkan Hasil Panen dengan Pupuk Organik. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Purwati, M.S. 2013. Pertumbuhan bibit karet (Hevea brasiliensis L.) asal okulasi pada pemberian bokashi dan pupuk organik cair bintang kuda laut. Jurnal Agrifor Vol 12 (1) : 1 - 10.

Rubatzky, V. E. Dan M. Yamaguchi. 1998. Sayuran Dunia 2 Prinsip, Produksi Dan Gizi. Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Rukmana, R. 1994. Bertanam Petsai Dan Sawi. Kanisius. Yogyakarta. Sarief, E.S. 1986. Kesuburan Dan Pemupukan Tanah Pertanian. Pustaka Buana. Bandung.

Schroth, G Dan F, C, Sinclair. 2003. Tress, Crops And Soil Ferlility: Concepts And Reserch Methods. CABI

Sutedjo, M.M dan Kartasapoetra, 1991. Pengantar Ilmu Pertanian. Rineka Cipta. Jakarta.

Sutedjo, M.M dan Kartasapoetra, 1991. Pengantar Ilmu Pertanian. Rineka Cipta. Jakarta.

Syahputra. E. Fauzi. Razali. 2015. Karakteristik Sifat Kimia Sub Grup Tanah Ultisol Dibeberapa Wilayah Sumatera Utara. Jurnal. Program Studi Agroteknologi. Fakultas Pertanian. Usu. Medan.

Syarif. E. S., 1986. Kesuburan Tanah Dan Pemupukan Tanah Pertanian. Putaka Buana Bandar Lampung

Wattimena, G.A. 1988. Zat Pengatur Tumbuh Tanaman. IPB. Bogor.

Wilkins, M, B. 1992. Fisiologi Tanaman. Jakarta. Bina Aksara
Published
2021-01-25