STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI VIRGIN COCONUT OIL DI DESA MARSAWA KECAMATAN SENTAJO RAYA KABUPATEN KUANTAN SINGINGI (Studi Kasus Pada Usaha Agroindustri VCO Buk Suwastini)

  • Dhika Wahyudi Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Agroindustri VCO, Matrik IFE dan EFE Strategi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor internal, faktor- faktor eksternal serta menganalisis strategi pengembangan usaha Agroindustri VCO di Desa Marsawa Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilaksanakan selama lima bulan mulai pada bulan Maret sampai bulan Juli Tahun 2020. Penelitian ini dilakukan terhadap pelaku usaha agroindustri  VCO Buk Suwastini di  Desa Marsawa Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. Hasil penelitian menunjukan analisis Strategi Pengembangan menunjukan hasil pada matriks EFE dengan Total skor bobot yang dimiliki oleh usaha agroindustri VCO Buk Suwastini adalah sebesar 3,87 total skor IFE 3,13 dan matriks SWOT menunjukan posisi strategi berada dalam kuadran I (Growth). Setrategi pengmbangan memanfatkan peluang yang ada dengan dukungan pengalaman serta bahan baku yang tersedia. Dari hasil  analisis  strategi  pengembangan  agroindustri  VCO  Buk Suwastini layak untuk dikembangkan.

References

2006. Jakarta: APCC.

Anonim. 2009. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia (diakses 15 Agustus 2020).

Damanik,S.2007 Strategi Pengembangan Agribisnis Kelapa (Cocos nucifera) untuk Meningkatkan Pendapatan Petani di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Perspektif, 6(2)/ Desember 2007.

Hasbi, S,dan SJ Priatna. 2004. Strategi Pengembangan Agribisnis
dan Agroindustri perkebunan Rakyat dengan pendekatan perwilayahan komoditas. Journal Agribisnis dan Industri Pertanian Vol 3 No 1, Maret 2004. ISSN 1412-8888. Program study Agribisnis, Program Pasca Sarjana Universitas Sriwijaya, Palembang.

Rahardi, F, 1995. Agribisnis Tanaman Perkebunan. Penebar Swadaya, Jakarta.

Rangkuti, 1995. Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yorin. 2009. Prospek Agroindustri. Diakses Pada Tanggal 15 Agustus 2020.
Published
2021-01-25