PENGARUH POC BONGGOL PISANG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata. L)

  • Cahya Persada Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: POC, Bonggol Pisang, Jagung Manis

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan di Desa Koto Sentajo, Kecamatan Sentajo Raya, Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini berlansung selama lebih kurang dua bulan terhitung mulai dari Bulan Mei 2019 sampai dengan Juli 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh POC bonggol pisang Terhadap Pertumbuhan dan produksi tanaman Jagung Manis (Zea mays saccharata. L) Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) Non Faktorial yang terdiri dari satu faktor, yaitu faktor A (POC bonggol pisang) yang terdiri dari 4 taraf : A0 (kontrol), A1 (250 ml/liter air), A2 (500 ml/liter air), A3 (750 ml/liter air) dan A4 (1000 ml/liter air). Data hasil pengamatan dari masing-masing perlakuan dianalisis secara statistik dan dilanjutkan dengan Uji Lanjut Beda Nyata Jujur  pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pemberian POC bonggol pisang memberikan pengaruh nyata terhadap semua parameter pengamatan. Perlakuan terbaik adalah A4 (1000 ml/liter air) yaitu untuk pengamatan tinggi tanaman (220.00 cm), umur berbunga (51.75 hari), umur panen (80.75hari) dan berat tonggkol berkelobot per tanaman (1126.25 gram).

References

Anggraini. 2015. Uji Volume Dengan Frekuensi Penyiraman POC dari Mikro Organisme Lokal Bonggol Pisang Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Sawi Hijau (Brassica Juncea L) Skripsi. Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Islam Kuantan Singingi.

Bakhri, S., 2007. Budidaya Jagung Dengan Konsep Pengelolaan Tanaman Terpadu (Ptt). Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), Sulawesi Tengah.

Basyuni, Z. 2009. Mineral Dan Batuan Sumber Unsur Hara P Dan K. Jurnal. Universitas Jenderal Soedirman. Purbalingga.

Dinas Tanaman Pangan Kuantan Singingi. 2018. Hasil Produksi dan luas panen tanaman pangan tahun 2018. Teluk kuantan.

Hafizah, Amriana.2013. “Perbandingan Efektifitas Inokulum CairanRumen Kerbau Dan Sapi Pada Jerami”.Jurnal Teknosains, Volume 7 Nomor 2, 175-188

Harjoso, T dan A. S. D. Purwantono. 2002. Pemanfaatan Tanah Podzolik Merah Kuning melalui Pemberian Pupuk Kandang dan EM4 bagi Program Pengembangan Baby Corn. Jurnal Pembangunan Pedesaan, 2(2): 27-33.

Juarsah, I. 2014. Pemanfaatan Pupuk Organik Untuk Pertanian Organik dan Lingkungan Berkelanjutan. Makalah Disajikan dalam Seminar Nasional Pertanian Organik Balai Penelitian Tanah. Bogor, 18-18 Juni. Mangium Wilid dan Pada Tanah Podsolik Merah Kuning Di Hutan Tanaman Industri. Skripsi. Fakultas Kehutanan IPB.

Kaswara. J, 1986. Budidaya Jagung Manis (Zea mays saccarata Sturt). Fakultas Pertanian IPB Bogor

Lingga, P. 2003. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Penebar Swadaya. Jakarta

Lingga, P. Marsono. 2011. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Penebar Swadaya. Jakarta

Mengel, K Dan Kirkby E,A. 1987. Prinsiples Of Plant Nutrition. International Potash Institute. Bern

Pranata, AS. 2004. Pupuk Organik Cair Aplikasi Dan Manfaatnya. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Purwono, dan R. Hartono. 2005. Bertanam Jagung Unggul. Penerbar Swadaya Jakarta

Rinsema, W. T. 1986. Pupuk dan Cara Pemupukan (Terjemahan H. M. Shaleh). Bharata Karya Aksara. Jakarta. 235 Hal

Santosa, E. 2008 Perananan Mikroorganisme Lokal (MOL) Dalam Budidaya Tanaman Padi Metode Sustem Of Rice Intensification (SRI) Workshop Nasional SRI. Direktorat Pengelolaan Lahan dan Aor. Direktorat Jendral Pengelolaan Lahan dan Air. Departemen Pertanian. Jakarta.

Sari, D.M., Kurniasih, R.S dan Rostikawati, T. 2012. Pengeruh Pemberian Mikroorganisme Lokal (MOL) Bonggol Pisang Nangka Terhadap Produksi Bunga Rosella (Hibiscus Sabdariffa. L) Jurnal Penelitian. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendudukan Universitas Pakuan Bogor.

Sayhputra. E. Fauzi. Razali. 2015. Karakteristik Sifat Kimia Sub Grup Tanah Ultisol Dibeberapa Wilayah Sumatera Utara. Jurnal. Program Studi Agroteknologi. Fakultas Pertanian. Usu. Medan.

Schroth, G Dan F, C, Sinclair. 2003. Tress, Crops And Soil Ferlility: Concepts And Reserch Methods. CABI

Soetedjo, M, M Dan Kartaspoetra. 1992. Pupuk dan Cara Pemupukan. Rineka Putra. Jakarta

Syarif. E. S., 1986. Kesuburan Tanah Dan Pemupukan Tanah Pertanian. Putaka Buana Bandar Lampung
Published
2021-01-25