ANALISIS USAHA AGROINDUSTRI STIK ROYCO DI DESA KAMPUNG MADURA KECAMATAN KUANTAN HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI (Studi Kasus Pada Usaha Stik Royco Rosa & Desa)

  • Gesti Novita Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Usaha Agroindustri, Pendapatan, dan Efisiensi

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui berapa besar biaya dan pendapatan usaha dari agroindustri Stik Royco Rosa & Deas di Desa Kampung Madura Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. (2) Untuk mengetahui nilai efisiensi usaha agroindustri Stik Royco Rosa & Deas di Desa Kampung Madura Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Analisis yang digunakan adalah analisis pendapatan. Hasil analisis menunjukkan bahwa biaya tetap (fc) pada usaha Stik Royco Rosa Deas sebesar Rp 4.338,89 dengan jumlah persentase 2,00% dari hasil penyusutan keseluruhan pada biaya tetap tersebut. Sedangkan pada biaya variabel (vc) menjadikan total biaya produksi menjadi besar yakni sebesar Rp 211.980 setelah dijumlahkan dengan biaya tenaga kerja dengan biaya bahan baku dan bahan penunjang dengan jumlah persentase 97,99%. Jadi, Total biaya yang dikeluarkan pada usaha agroindustri Stik Royco Rosa & Deas sebesar Rp 216.318,89 dalam satu kali produksi. Pendapatan kotor yang diperoleh dari usaha agroindustri ini sebesar Rp.300.000 Dengan pendapatan bersih atau keuntungan sebesar Rp 83.681,11. Tingkat efisiensi atau Return Cost Ratio yang diperoleh sebesar 1,39. Artinya setiap Rp 1 yang dikeluarkan oleh pengusaha dari Stik Royco Rosa & Deas maka akan menghasilkan penerimaan sebesar Rp. 1,39. Dengan pendapatan atau keuntungan yang diperoleh sebesar Rp 0,39. Karena nilai R/C Ratio lebih besar dari 1 (R/C>1). Dengan demikian, usaha agroindustri Stik Royco Rosa &  Deas layak untuk dijalankan dan dikembangkan.

References

Basu Swastha, 1993, Pengantar Bisnis Modern, Edisi Ketiga, Liberti, Yogyakarta. daerah.Andi.Yogyakarta
Poniati, Asmie. 2008. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional di Kota Yogyakarta. Universitas Yogyakarta. Yogyakarta
Satoso, Singgih. 2012. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. PT. Elex Media Komputindo
Soekartawi. 1995. Analisis Usaha Tani. UI Press. Jakarta.
Soekartawi. 2001. Pengantar Agroindustri. Edisi 1. Jakarta.
Soekartawi. 2006. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Published
2021-01-25