UJI ORGANOLEPTIK TERHADAP KEJU LUNAK DARI SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWAH (PE) SAANEN DAN PERSILANGANNYA (PESA)

  • Zakiyah Nasution Prodi Teknologi Produksi Ternak Politeknik Negeri Lampung
  • Dina Tri Marya Prodi Teknologi Produksi Ternak Politeknik Negeri Lampung
Keywords: Organoleptik, Keju, Susu, Kambing Peranakan Etawah (PE), Saanen dan Persilangannya (PESA)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui kesukaan konsumen yang diwakili oleh panelis terhadap tiga jenis keju yang berasal dari kambing perah yang berbeda yaitu kambing Peranakan Etawah, Saanen dan Persilangan (PESA).. Materi yang digunakan adalah keju lunak yang dibuat dari susu kambing Peranakan Etawah, Saanen dan Persilangan (PESA) Ternak kambing yang digunakan dalam penelitian ini berumur 3-4 tahun yang diketahui dari penampilan gigi geraham bawah dengan perkiraan laktasi 3-4. Atribut yang digunakan dalam uji hedonik adalah aroma, rasa, tekstur dan warna. Kisaran nilai/skala yang diberikan adalah 1-5 yaitu nilai 1: sangat tidak suka, 2: tidak suka, 3: agak suka, 4: suka dan 5: sangat suka. Hasil uji organoleptik keju lunak menunjukkan bahwa keju lunak dari susu kambing Peranakan Etawah (PE)  memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dua bangsa kambing lainnya.

References

Aliaga IL. 2003. Study of nutritive utilization of protein and magnesium in rats with resection of the distal small intestine beneficial effect of goat milk. J Dairy Sci 86:2958-2966.
Boycheva, S., Dimitrov, T., Naydenova, N., & Mihaylova, G. (2011). Quality characteristics of yogurt from goat’s milk, supplemented with fruit juice. Czech J. Food Sci, 29(1), 24–30. Retrieved from http://www.agriculturejournals.cz/publicFi les/35010.pdf
Daulay D. 1991. Fermentasi Keju. Bogor: PAU-Pangan dan Gizi, IPB
Fox PF, McSweeney PLH, Timothy MC, Timothy PG. 2004. Cheese Chemistry, Physics and Microbiology. Volume ke-1. London: Chapman & Hall.
Gunasekaran S, Ak MM. 2003. Cheese Rheology and Texture. New York: CRC Press.
Park, Y.W., M. Ju´arez, M. Ramos, G. F. W. Haenlein. 2007. Physico-chemical characteristics of goat and sheep milk. Small Ruminant Research, 68: 88-113.
Quéré JLL, Pierre A, Riaublanc A, Demaizières D. 1998. Characterization of aroma compounds in the volatile fraction of soft goat cheese during ripening. Lait 78: 279-290.
Sugiyono. 1992. Penuntun Praktikum Teknologi Pengolahan Pangan. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Tarwendah, I.P. 2017. Studi Komparasi Atribut Sensoris dan Kesadaran Merek Produk Pangan. Jurnal Pangan dan Agroindustri, Vol.5, No.2, Hal.66–73.
Yvon M, Liesbeth R. 2001. Cheese flavour formation by amino acid catabolism. J Inter Dairy 11:185–201.