KAJIAN JENIS TIKUS DAN INTENSITAS SERANGAN PADA TANAMAN MENGHASILKAN (TM) DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT ESTATE SEI. KUNYIT ( PT. TRI BAKTI SARIMAS )

  • Debi Prianto Fajri Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Seprido Seprido Universitas Islam Kuantan Singingi
  • A. Haitami Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: tikus, jenis, identifikasi, kelapa sawit, kuantan singingi.

Abstract

Penelitian ini di laksanakan di perusahaan kelapa sawit PT. Tri Bakti Sarimas Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Pada bulan Desember 2019 sampai dengan Februari 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kajian tentang kajian jenis tikus dan intensitas serangan pada tanaman menghasilkan (TM) di Perkebunan Kelapa Sawit Estate Sei. Kunyit ( PT. Tri Bakti Sarimas). Penelitian ini menggunakan teknik survei purposive sampling, dengan penentuan berdasarkan pertimbangan dan tujuan tertentu dalam penelitian ini di pilih 5 area di estate Sei. Kunyit yaitu : area I, area II, area III, area IV, dan area V. Penangkapan tikus menggunakan perangkap (Trapping), berbentuk kotaak persegi panjang dengan ukuran p x l x t = 45 cm x 25 cm x 15 cm. Tikus yang terperangkap di hitung berdasarkan jumlah jenis dan individu, kemelimpahan, nisbah kelamin, persentase serangan tikus terhadap tanaman kelapa sawit, dan trap succes. Dari hasil penelitian yang di lakukan di peroleh sebanyak 253 individu tikus yang tergolong kedalam 2 jenis tikus yaitu : Rattus tiomanicus (88,53%) dan Rattus argentiventer (11,47%), Nisbah kelamin Rattus tiomanicus adalah 10,16 dan Rattus argentiventer adalah 1,4, Nilai persentase tanaman terserang 36,8%, dan trap succes adalah sebesar 45,17%.

References

Direktorat Jendral Perkebunan 2015-2017. Statistik Perkebunan Indonesia. Kelapa Sawit. http;//ditjenbun.pertanian.go.id. PDF di Akses Desember 2019.
Purba, Y., Rolettha; Susanto, Agus; Prawirosukarto, Sudharto. 2005. Hama-Hama Kelapa Sawit. PPKS. Medan.
Sudarsono, H. 2013. Pengembangan informasi Bionomi Spesifik Lokasi Untuk Meningkatka Kefektifan Pengendalian Hama Utama Komersial. Pidato Ilmu Pengukuhan Guru Besar Ilmu Hama Tumbuhan. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Husen,A A A. 2017. Kajian jenis dan populasi tikus di perkebunan nanas pt great giant food terbanggi besar. (Skripsi), Fakultas Pertanian Universitas Lampung, Lampung Tengah, Bandar Lampung.
Priyambodo, S. (2003). Pengendalian Hama Tikus Terpadu. Jakarta: Penebar Swadaya.
Sudarmaji, Agus Wahyana Anggara, 2008. Modul Pengendalian hama Tikus Terpadu (PHTT), Balai Besar Penelitian Tanaman Padi, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Indonesia.
Sembiring, S. 2009. Kajian Biaya Pengendalian Hama Tikus (Rattus sp) Secara Kimiawi dan Pengendalian Secara Hayati Pada Tanaman Kelapa Sawit di Kebun Kerasan Estate PT. Tolan Tiga Indonesia. Skripsi (SIPEF). Medan : STIPAP.
Permada, J. 2009. Tingkat Kejerahan Racun dan Umpan Pada Tikus Sawah, Tikus Rumah, dan Tikus Pohon. Skripsi. Bogor :Institute Pertanian Bogor.
Dhamayanti A. 2009. Kajian sosial ekonomi pengendalian hama tikus pohon, Rattus tiomanicus Miller dengan burung hantu, Tyto alba, pada perkebunan kelapa sawit. Seminar Nasional Perlindungan Tanaman, Bogor 5-6 Agustus 2009. Bogor.
Nasir, M., Amira, Y., & Mahmud, H. (2017). Diversity of Small Mammal (Family Muridae) in Three Different Habitats at Lhokseumawe Aceh Province. BioLeuser, 1(1), 1–6. Retrieved.
Begon, M, CR Townsend, and JL Harper. 2006. Ecology: From Individuals to Ecosystems. 4th Ed. Blackwell Publishing, Malden.
Rochamady., dkk. 2012. Nisbah Kelamin Dan Ukuran Pertama Matang Gonad Karang Lumpur (Anodontia Edentula linnaeus) 1758 Di Pulau Tobae, Kecamatan Napabalono, Kabupaten Muna. Staff Pengajar STIP Pertanian. staf Pengajar FKiP Universitas Hasanudin, Makasar.
Nasir, M. 2012. Distribusi Mamalia Kecil pada Tiga Lokasi di Sekitar Perkebunan Sawit di Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh. Prosiding seminar & rapat tahunan BKS-PTN B MIPA. Medan.
Nasution, M. N. 2013. Kajian Biaya Aplikasi Rodentisida Klerat Dalam Pengendalian Hama Tikus (Rattus Sp.) Pada Tanaman Kelapa Sawit (Elaesis guineensis jacq) di PT. Bakrie Kisaran Kebun Serbagan Estate Skripsi. Medan STIPAP.
Sigit Harsono Singgih, 2006. Hama Pemukiman Indonesia Pengenalan, Biologi & Pengendalian. Bogor : Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor.
Baco D. 2011. Pengendalian Tikus pada Tanaman Padi Melalui Pendekatan Ekologi. Pengembangan Inovasi Pertanian 4 (1): 47-62.
Mutaqin a., k., a. Ngadino. 2016. Keberhasilan penangkapan tikus (trap succes) dan indeks pinjal di desa kayukebek kabupaten pasuruan tahun 2016. Jurnal ISSN 1693. Jawa timur.
Published
2021-07-17