HUBUNGAN KEDISIPLINAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PEMANEN KELAPA SAWIT PADA PT. UDAYA LOHJINAWI KECAMATAN HULU KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Ike Wahyuni Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Meli Sasmi Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Haris Susanto Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Kedisiplinan Kerja , Produktivitas Kerja, Kelapa Sawit

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam peneliti ini adalah (1) Untuk mengetahui tingkat kedisiplinan kerja pemanen kelapa sawit pada PT. Udaya Lohjinawi, (2) Untuk mengetahui tingkat produktivitas pemanen kelapa sawit pada PT. Udaya Lohjinawi (3) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan kerja terhadap produktivitas kerja   pemanen kelapa sawit pada PT. Udaya Lohjinawi. Metode yang digunakan dalam pelitian ini adalah Skala Likert dan regresi linier berganda, penelitian dilakukan selama 6 bulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase sumbangan variabel disiplin waktu (X1) dengan skor 2,4 dengan kategori sangat baik, kedisiplinan peraturan (X2) memiliki skor 2,3 dengan kategori baik, dan kedisiplinan tangung jawab (X3) memiliki skor 2,2 dengan kategori baik. Persentase sumbangan variabel kuantitas kerja (Y1) dengan skor 2,2 dengan kategori  baik, kualitas kerja (Y2) dengan skor 2,1 dengan kategori baik, dan ketepatan waktu (Y3) dengan skor 2,1 dengan kategori baik. Dan persentase sumbangan variabel hubungan kedisiplinan kerja terhadap produktivitas tenaga kerja pemanen kelapa sawit memiliki korelasi (R) sebesar 0,921, koefisien  determinasi (R2) sebesar 0,847 atau 84,7%, nilai Fhitung  p = 48,148, dan nilai thitung berhubungan sangat erat dilihat dari hubungan disiplin waktu (X1) dengan nilai β1X1 = 0,334 , disiplin peraturan (X2) dengan nilai β2X2 = 0,996 , dan disiplin tanggung jawab (X3) dengan nilai β2X2 = 1,796.

References

Tim penulis PS. 2000. Kelapa Sawit, Usaha Budidaya, Pemanfaatan Hasil Dan Aspek Pemasaran. Penebar Swadaya. Hal 116. Jakarta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sukarno, R. 1995. Ekosistem Terumbu Karang dan Masalah Pengelolaannya. Materi Pendidikan danPelatihan Metodologi Penelitian Penentuan Kondisi TerumbuKarang.PusatPenelitiandanPengembanganOseanologi LIPI dan Universitas Diponegoro. Semarang.
Sumbodo, Wirawan. 2008. Teknik Produksi Mesin Industri Jilid 3,Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Jakarta.
Sinungan, M. 2009. Produktivitas Apa dan Bagaimana. Jakarta : PT Bumi Aksara. Singarimbun, M dan Efendi,. 1995, Metode Penelitian Survey, PT. Pustaka LP3ES. Jakarta.
Siswanto, H.B. 2006.Pengantar Manejemen. Bumi Aksara. Jakarta
Published
2021-07-18