UJI BERBAGAI MEDIA TANAM HIDROPONIK SISTEM NFT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN KAILAN (Brassica oleracea Alboglabra )

  • Haris Oktapindra Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Wahyudi Wahyudi Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Andi Alatas Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Kailan, Hidroponik sistem NFT, Media Tanam

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan di desa Titian Modang, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi, pada tanggal 9 September 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai media tanamĀ  hidroponik sistem NFT terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman Kailan (Brassica oleracea Alboglabra ), Penelitian ini dirancang menggunakan Rancangan Acak Lengkap Non Faktorial yaitu berbagai Media Tanam dengan 5 taraf perlakuan,yaitu : Cocopeat (A), Fiber kelapa sawit (B), Cacahan Batang Pisang (C), Ampas Tebu (D), Akar Pakis (E). Hasil pengamatan pada masing-masing perlakuan dianalisis secara statistik dengan analisis sidik ragam (ANSIRA), apabila F hitung diperoleh lebih besar dari F Tabel 5% maka dilanjutkan dengan Uji lanjut Beda Nyata jujur(BNJ) pada taraf 5%. Berdasarkan hasil penelitin perlakuan berbagai Media Tanam secara Hidroponik sistem NFT memberikan pengaruh yang berbeda nyata pada Parameter Berat Konsumsi, Berat Kering dan Panjang daun, dan tidak berpengaruh nyata pada parameter Tinggi Tanaman. Perlakuan terbaik terdapat pada perlakuan Cocopeat dengan tinggi tanaman 29 cm, Panjang daun 20 cm, Berat Konsumsi 24,80 gram/tanaman, Berat Basah 34,80 gram/tanaman.

References

dan penggunaannya. Penebar swadaya.jakarta.
Anonim, 2013. Pedoman Budidaya Secara Hidroponik. Bandung
Apriliani, A .2010. Pemanfaatan Arang Ampas Tebu Sebagai Adsorben Ion Logam Cd, Cr, Cu, dan Pb dalam Limbah Air Limbah. Jurnal Program Studi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi. Jakarta.
Badan Pusat Statistik Nasional.2012. Produksi Tanaman Kailan.
Hendra, H. A.,Andoko, A. 2014. Bertanam sayuran hidroponik ala paktani hydrofarm. Jakarta: AgroMedia Pustaka
Lingga, P. Dan Marsono. 2001. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Penebar Swadaya. Jakarta.
Pracaya. 2001. Kol alias Kubis. Penebar Swadaya. Jakarta.
Rosliani, R, Sumarni, N. 2005. Budidaya tanaman sayuran dengan sistem hidroponik. Bandung: Balai Penelitian Tanaman Sayuran.
Sastradiharja S. 2011. Praktis Bertanam Selada dan Sawi Secara Hidroponik. Bandung: Penerbit Angkasa Bandung. Hal 1-17.
Shanty, R. 2009. Budidaya tanaman kailan. Fakultas Pertanian-IPB.Bogor.
Untung O, 2000. Hidroponik Sayuran Sistem NFT (Nutrien Film Technique). Penebar Swadaya. Jakarta.
Widiastoety, D. 2005. Bertanam Anggrek. Penebar Swadaya Jakarta.
Published
2021-12-29