ANALISIS PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH TADAH HUJAN DI DESA KAMPUNG BARU KECAMATAN GUNUNG TOAR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Revi Asvira Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Andi Alatas Universitas Islam Kuantan Singingi
  • MAs Mashadi Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Pendapatan, Efisiensi, Padi Sawah Tadah Hujan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menganalisis besarnya biaya yang dikeluarkan dan pendapatan yang diperoleh petani padi sawah tadah hujan di Desa Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar  Kabupaten Kuantan Singingi, 2) Mengetahui tingkat efisiensi usahatani padi sawah tadah hujan di Desa Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi. Analisis data yang digunakan adalah analisis pendapatan. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata total biaya yang harus dikeluarkan petani responden sebesar Rp. 2.386.659/luas garapan, dengan rata-rata luas garapan 0,25 Ha. Dan rata-rata penerimaan yang diperoleh petani responden sebesar Rp. 6.676.417/luas garapan. Sehingga dapat diketahui bahwa pendapatan atau keuntungan yang diperoleh petani responden Rp. 4.289.758/luas garapan, maka R/C ratio yang diperoleh sebesar 2,79. Artinya, setiap Rp 1 yang dikeluarkan oleh petani untuk biaya usahatani padi sawah tadah hujan maka akan menghasilkan penerimaan sebesar Rp 2,79 dengan pendapatan atau keuntungan sebesar Rp. 1,79.  Karena nilai R/C ratio lebih besar dari pada 1 (R/C > 1) maka usahatani padi sawah tadah hujan di Desa Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi layak untuk diusahakan.

References

Boediono. 2000. Teori Pertumbuhan Ekonomi. Yogyakarta.
Hernanto F. 1996. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta.
Kotler, P. 1997. Prinsip - Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.
Mosher. 1968. Menggerakkan dan Membangun Pertanian. Yasaguna. Jakarta.
Rahardjo. 2001. Teori Ekonomi Makro Suatu Pengantar. UI Press. Jakarta.
Rahmawati, S, 2006. Status Perkembangan Perbaikkan sifat genetik padi dengan menggunakan transformasi agrobacterium. Jurnal Agrobiogen.
Soekartawi. 1995. Teori Ekonomi Produksi Dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb - Douglas. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Soekartawi. 2004. Prinsip Ekonomi Pertanian. Rajawali Press. Jakarta.
Published
2021-12-29