ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI PADI SAWAH TADAH HUJAN PADA KELOMPOK TANI DI DESA SUNGAI ALAH KECAMATAN HULU KUANTAN

  • Selvi Herawati Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Nariman Hadi Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Jamalludin Jamalludin Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Faktor Produksi, Efesiensi Teknis dan Ekonomis, Padi Sawah Tadah Hujan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor produksi yang mempengaruhi produksi padi dan untuk mengetahui efesiensi tekis dan ekonomis usahatani padi sawah tadah hujan. Metode analiss yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda fungsi coob-dounglas. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan. Berdasarkan hasil penelitian secara simultan faktor produksi berpengaruh secara signifikan terhadap produksi dengan uji F singnifikan sebesar 0,000 pada taraf nyata 1%. Nilai koefisien (R) yaitu sebesar 923% menujukkan hubungan faktor produksi terhadap produksi sangat nyata, koefisien determinasi (R2) bernilai 85,1% hal ini menujukkan bahwa perentase sumbangan variasi luas lahan (X1), benih (X2), pupuk kandang (X3.1), pupuk urea (X3.3), pestisida (X4), tenaga kerja (X5) secara serentak terhadap produksi sebesar 85,1% sedangkan sisinya 14,9% yang dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan kedalam model. Luas lahan berpengaruh nyata terhap produksi padi sawah tadah hujan, pupuk kandang, pupuk urea, pestisida dan tenaga kerja berpengaruh singnifikan terhadap produksi padi sawah tadah hujan. Secara teknis variabel luas lahan, pupuk kandang, pupuk urea, pestisida dan tenaga kerja tidak efisien secara teknis sedangkan benih tidak efisien secara teknis ekonomis variabel luas lahan belum efisien secara ekonomis, sedangkan variabel benih, pupuk kandang, pupuk urea, pestisida dan tenaga kerja tidak efisien secara ekonomis.

References

Arif.1992. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional Diaset dari http//Candr-Zulisman. Blogspot,com.
Soekartiwi. 2005. Agribisnis Teori dan Aplikasihnya, Raja Grafindo Perseda Jakarta.
Soekartiwi.1995. Analisis Usahatani. Universitas Indonesia Press, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Published
2021-12-29