ANALISIS USAHA AGROINDUSTRI TAHU DI DESA MUARO TOMBANG KECEMATAN KUANTAN MUDIK KABUPATEN KUANTAN SINGINGI (STUDI KASUS AGROINDUSTRI TAHU MILIK ALDIANTO)

  • Aldi Firnando Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Chezy WM Vermila Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Haris Susanto Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Agroindustri, Tahu, Pendapatan, Biaya, dan Efisiensi

Abstract

Penelitian ini Bertujuan:1) Untuk mengetahui pendapatan pada usaha Agroindustri tahu di Desa Muaro Tombang Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi, 2) Untuk mengetahui tingkat efisiensi pada usaha Agroindustri tahu di Desa Muaro Tombang Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif secara matematik yang menggunakan analisis keuntungan dan analisis efisiensi.Dari Hasil penelitian diperoleh biaya yang dikeluarkan dalam usaha agroindustri tahu sebesar Rp. 403.925,00/produksi dan pendapatan kotor yang diperoleh sebesar Rp. 750.000,00/produksi dan pendapatan bersih yang diperoleh sebesar Rp. 346.075,00/produksi. Dari hasil penelitian ini diperoleh tingkat efisiensi usaha agroindustri tahu sebesar 1,86, artinya setiap biaya yang dikeluarkan Rp. 1,00 akan menghasilkan pendapatan kotor sebesar Rp. 1,86 dan pendapatan bersih sebesar Rp. 0,86. Dengan demikian usaha tahu di Desa Muaro Tombang ini layak untuk dikembangkan.

References

Adiwilaga.1982. Ilmu Usaha Tani, Alumni, Bandung.
Cahyadi, W., 2007.Teknologi dan Khasiat Kedelai, Bumi Aksara, Jakarta.
Firdaus, Muhammad.2008. Manajemen Agribisnis. Jakarta: Bumi Aksara.
Khazanani, A. 2011,Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor- Faktor Produksi Usahatani Cabai Kabupaten Temanggung (Studi Kasus di Desa Gondosuli Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung). Jurnal.
Partowijoto A. 2003. Penelitian kebutuhan Air Lahan dan Tanaman di Beberapa Daerah Irigasi, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pengairan Vol. 16 NO.49, Desember, Th. 2002, Pusat penelitian dan Pengembangan Pengairan, Bandung.
Soekartawi. 2001. Pengantar Agroindustri. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
. 2005. Agroindustri Dalam Perspektif Sosial Ekonomi. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
. 1994. Ilmu Ekonomi Produksi : Dengan Pokok Bahasan Analisis Cobb Dauglas. Rajawali Pers Jakarta.
Sukirno, Sadono. 2013. Makro Ekonomi, Teori Pengantar. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Sutrisno. 2001. Manajemen Keuangan (Teori, Konsep, dan Aplikasi). Edisi Pertama. Ekonisia: Yogyakarta.
Published
2022-03-17