JENIS DAN PRODUKSI HIJAUAN SERTA KAPASITAS TAMPUNG TERNAK SAPI DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI KECAMATAN KUANTAN HILIR

  • Annisa Rahmi Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Imelda Siska Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Infitria Infitria Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Jenis Hijauan, Produksi Hijauan, Kapasitas Tampung, Ternak, Rumput

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui jenis hijauan, produksi hijauan  dan kapasitas tampung di lahan perkebunanaan sawit di Kecamatan Kuantan Hilir. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Agustus 2021 di delapan desa yang berada di Kecamatan Kuantan Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi. Bahan yang digunakan untuk penelitian ini adalah vegetasi yang tumbuh di areal lahan perkebunan kelapa sawit di Kuantan Hilir. Parameter penelitian yaitu jenis hijuan, produksi hijauan dan kapasitas tampung. Data  hasil  survei  komposisi  botanis  dan  kapasitas  tampung    dianalisis secara statistik deskriptif  meliputi tabulasi data, konversi data dan rataan data. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Jenis hijauan yang tumbuh di perkebunan kelapa sawit di Kuantan Hilir yaitu : Rumput Bambu, Rumput Gajah, Seduduk Bulu, Rumput Teki, Rumput Sarang Buaya, Rumput Rambatan, Rumput Bandotan, Rumput Mukuna, Rumput Meniran, Ilalang, Rumput kerbau dan rumput pakis. Hasil produksi hijauan dalam setahun menghasilkan hijauan segar sebanyak 38.179  kg/ha/th  dan 19.387 kg/ha/th  hijauan kering. Jumlah kapasitas tampung di perkebunan kelapa sawit di 8 Desa Kecamatan Kuantan Hilir dapat menampung sebesar 2,99 ST/Ha dan 118,56 ST/kebun.

References

Barus, E. 2003. Pengendalian Gulma di Perkebunan. Penerbit Kanisius:
Yogyakarta

Infitria, P. Anwar dan Jiyanto. 2021. Komposisi Botanis Hijauan Pakan Di Kabupaten Kuantan Singingi Riau. Jurnal Peternakan Vol : 05 No : 01

Infitria and Khalil. 2014. Studi Produksi Dan kualitas Hijauan Dilahan Padang Rumput Upt peternakan Universitas Andalas. Bul. Makanan Ternak, vol. 101, no. 1, pp. 25–33,

Manu, A.E. 2013. Produktivitas Padang Penggembalaan Sabana Timur Barat. Pastura. 3 (1): 25-29.

Muhajirin, Despal, Khalil. 2017. Pemenuhan Kebutuhan Nutrien Sapi Potong Bibit yang Digembalakan di Padang Mengatas. Bulmater. 104 (1): 9-20.

Kumar A, Pandey AC. 2013. Evaluating impact of coal mining activity landuse/ landcover using temporal satellite images in South Karanpura Coalfields and Environs, Jharkhand State, India. IJARSG. 2:183-197.

Prawiradiputra, B. R., (2007), Kirinyuh (Chromolaena odorata (L.) R.M. King & H. Rob), Gulma Padang Rumput yang Merugikan, Wartazoa, 17(1): 46-52.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Reksohadiprodjo, S. 1985. Produksi Tanaman Hijauan Makanan Ternak Tropik. Edisi Revisi. BPFE. UGM. Yogyakarta.

Rusdin M, Ismail S, Purwaningsih A,
Andriana, Dewi SU. 2009. Studi potensi kawasan lore tengah untuk pengembangan sapi potong. Media Litbang Sulawesi Tenggara.

Soltief MS. 2009. Kajian kawasan sapi potong di Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat. Thesis. Sekolah Pasca Sarjana, Institut Pertanian Bogo, Bogor.

Umami N. ellentik. Damayanti. 2016. Potensi Dan Produksi Hijauan Pakan Ternak Di Lahan Pertanian Banyusoco, Playen, Gunung Kidul P. prosisding Simp. Nas. dan Pengemb. Peternak., vol. 53, pp. 82–87.
Published
2022-03-20