JENIS DAN PRODUKSI HIJAUAN SERTA KAPASITAS TAMPUNG TERNAK SAPI DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI KECAMATAN GUNUNG TOAR

  • Windi Elvita Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Imelda Siska Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Pajri Anwar Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Jenis Hijauan, Produksi Hijauan, Kapasitas Tampung

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui jenis hijauan, produksi hijauan  dan kapasitas tampung di lahan perkebunanaan sawit di Kecamatan Gunung Toar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret Sampai April 2021 di Kecamatan Gunung Toar, Kabupaten Kuantan Singingi, di Lahan Sawit di enam desa di Kecamatan Gunung Toar. Parameter penelitian yaitu jenis hijuan, produksi hijauan dan kapasitas tampung. Data  hasil  survei  komposisi  botanis  dan  kapasitas  tampung    dianalisis secara statistik deskriptif  meliputi tabulasi data, konversi data dan rataan data. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Jenih hijauan yang tumbuh di perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Gunung Toar yaitu : Daun Sembung Rambat, Teki, Krinyuh, Mukuna, Rambusa, Rumput Kalanjana, Bandotan, Meniran, Rumput Australia, Alang-Alang, Putri Malu, Rumput Sarang Buaya dan Seduduk Bulu. Hasil produksi hijauan segar dalam setahun sebanyak 5596,49  kg/ha dan hijauan kering 2967,25 kg/ha. Jumlah kapasitas tampung di perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Gunung Toar yang dapat menampung sebesar 0,75 ST/Ha dan 424,81  ST/Th.

References

Barus, E. 2003. Pengendalian Gulma di Perkebunan. Penerbit Kanisius:
Yogyakarta

Karungu, F. 1992. Analisis Liniar Programing Ternak Sapi Sebagai Ternak Kerja Dalam Usaha Tani Kelapa di Kecamatan Likupang. Laporan Penelitian. Fakultas Peternakan Unsrat, Manado.

Macdonald, G E, B. J. Brecke, J.F.Gaffney, K.A.Langeland, J.A. Ferrell, and B. A. Sellers. 2006. Cogongrass ( Imperata cylindrical L .) Beauv .) Biology , Ecology and Management in Florida 1. pp. 2–4. Available at: https://bugwoodcloud.org/CDN/floridainvasives/cogongrassWG20200.pdf. diakses pada [7 Juni 2021].

Marga, A. 2016. Evaluasi Kapasitas Tampung dan Komposisi Botani di Perkebunan Kelapa Sawit Provinsi Lampung. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Marten. 2007. Ki Rinyuh (Chromolaena odorata L) R.M. King dan H. Robinson): Gulma padang rumput yang merugikan. Buletin Ilmu Peternakan Indonesia (Wartazoa).17(1).

Mattjik, A. A dan I. M. Sumertajaya. 2006. Perancangan Percobaan dengan Aplikasi SAS dan Minitab. IPB. Bogor. 256 hal.

Prawiradiputra, B. R., (2007), Kirinyuh (Chromolaena odorata (L.) R.M. King & H. Rob), Gulma Padang Rumput yang Merugikan, Wartazoa, 17(1): 46-52.

Prawiradiputra BR, Endang S, Sajimin, Achmad F. 2012. Hijauan Pakan Ternak Untuk Lahan Sub-Optimal. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Kementerian Pertanian 2012. ISBN : 978-602-8475-68-6. IAARD Press. Bogor.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Reksohadiprodjo, S. 1985. Produksi Tanaman Hijauan Makanan Ternak Tropik. Edisi Revisi. BPFE. UGM. Yogyakarta.

Rofiqoh, R. K. 2017. Efek Antioksidan Ekstrak Daun Rambusa (Passiflora foetida) dan Taurin terhadap Respon Histopatologi Hati Mencit (Mus musculus) yang diinduksi Paraquat. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Lampung. Lampung. Halaman 20-22.

Rukmana, R. 2005. Budi Daya Rumput Unggul. Kanisius. Yogyakarta

Rusdin, M. Ismail, S. Mustaring, S. Purwaningsih, A. Andriana, Dewi SU. 2009. Studi potensi kawasan lore tengah untuk pengembangan sapi potong. Penelitian ini bekerja sama dengan balitbang provinsi Sulawesi Tengah dan Untad Palu.

Rusnan H, Kaunang CL,Tulung YLR. 2015. Analisis potensi dan strategi pengembangan sapi potong dengan pola integrasi kelapa-sapi di Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara. Jurnal Zootek. 35(2): 187-200

Sellers, B A, J.A. Ferrel, G.E. Mac Donald, K.A .Langeland, S. L. F. 2015. Cogongrass (Imperata cylindrica) Biology. Ecology and Management in Florida Grazing Lands 1. pp. 1–5.Available at: https://edis.ifas.ufl.edu/pdffiles/WG/WG20200.pdf. diakses pada 21 Mei 2021.

Soejono, A.T., dan S. Mangoensoekarjo. 2015. Ilmu Gulma dan Pengelolaan pada Budidaya Perkebunan. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Steenis, C. G. 2013. Flora. (M. Surjowinoto, Trans.) PT. Balai Pustaka. Jakarta Timur.

Sudarmono A.S. dan Sugeng Y.B. 2008. Edisi Revisi Sapi Potong. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sumarsono. 2008. Tanaman Pakan pada Intervensi Sistem Pertanian Berwawasan Lingkungan. Pidato Pengukuhan Disampaikan Pada Upacara Penerimaan Jabatan Guru Besar dalam Ilmu Tanaman Makanan Ternak Pada Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro. Badan Penerbit Undip Press, Semarang.

Wibowo, A. 2006. Gulma di Hutan Tanaman dan Upaya Pengendaliannya. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan Tanaman. Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan. Bogor
Published
2022-03-20