ANALISIS VEGETASI GULMA PADA TANAMAN MENGHASILKAN DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT RAKYAT DESA SITUGAL KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Andrianto Andrianto Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Elfi Indrawanis Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Desta Andriani Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Desa Situgal, Gulma, Kelapa Sawit, Vegetasi..

Abstract

Kelapa sawit merupakan komoditas perkebunan unggulan dan utama Indonesia. Tanaman yang produk utamanya terdiri dari minyak sawit dan minyak inti sawit memiliki nilai ekonomis tinggi dan menjadi salah satu penyumbang devisa negara yang terbesar dibandingkan dengan komoditas perkebunan lainnya. Salah satu kendala utama dalam produksi tanaman kelapa sawit adalah adanya gulma. Gulma merupakan tumbuhan yang mengganggu atau merugikan kepentingan manusia sehingga manusia berusaha untuk mengendalikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi dan struktur gulma pada perkebunan kelapa sawit rakyat Desa Situgal Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Desember 2020 sampai Februari 2021 dengan metode kuadran dengan luas lahan 12 Hektar dan umur tanaman 3 tahun ke atas atau tanaman menghasilkan. Pada masing-masing lahan dibuat 1 petak pengamatan, sehingga terdapat 12 petak pengamatan. Setelah itu, di dalam petak pengamatan tersebut dibuat 5 sub petak pengamatan (Plot). Jumlah keseluruhan sub petak pengamatan 60 plot. Hasil penelitian didapatkan 5 famili dan 8 spesies gulma dengan jumlah individu 4.598.. Struktur gulma yang dominan pada perkebunan kelapa sawit rakyat Desa Situgal adalah ketumpang dengan nilai SDR 30,01%.

References

Barus, E. 2003. Pengendalian Gulma diPerkebunan. Yogyakarta: Kanisius.

Bondange R. E, 2009. Laporan tugas praktikum 1 dan 2 teknik perlindungan tanaman 1 karakteristik morfologi dan botani beberapa jenis gulma. Universitas Padjajaran. Jatinangor
Data Statistik 2020. Luas Areal, Produksi dan Petani Perkebunan, Dinas Perkebunan Kabupaten Kuantan Singingi.
Faisal, R., Siregar, E.B.M. dan Anna, N. 2011.Inventarisasi Gulma pada Tegakan Tanaman Muda Eucalyptus spp (Weed Inventory on Stand of Young Eucalyptusspp).

Harsono A. 2011. Implementasi pengendalian gulma terpadu pada kedelai. Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian. 11 halaman.
Lisda Lalaga, Novri Y. K., & Abubakar S. K. (2013). Inventarisasi Tumbuhan Bawah di Kawasan Timur Danau Limboto. Gorontalo: FMIPA-Universitas Negeri Gorontalo.
Moenandir, Jordy. 2010. Ilmu Gulma. Universitas Brawijaya , Malang.

Pahan, Iyung 2008. Kelapa Sawit. Penebar Swadaya. Jakarta.

Palasta R. (2007). Efisiensi beberapa Formulasi Herbisida Glifosat terhadap beberapa Spesies Rumput, Teki, dan Daun Lebar. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Bandar Lampung. 93 Halaman.

UPTD Dinas Tanaman Pangan Logas Tanah Darat 2020.
Published
2022-03-20