PENGARUH BERBAGAI PUPUK KANDANG PADA MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN STEK JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) DI PEMBIBITAN

  • Asrar Ahmad Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Deno Okalia Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Tri Nopsagiarti Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: jeruk nipis, media tanam, pembibitan, pupuk kandang, stek.

Abstract

Pengembangan tanaman jeruk nipis di Kabupaten Kuantan Singingi membutuhkan bibit yang baik dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kandang sebagai media tanam terhadap pertumbuhan stek jeruk nipis (Citrus aurantifolia) di pembibitan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) Non Faktorial yang terdiri dari 5 taraf perlakuan yaitu R1 = kontrol (top soil), R2 = top soil : pukan ayam (1:2), R3 = top soil : pukan kambing (1:2), R4 = top soil : pukan kerbau (1:2), R5 = top soil : pukan sapi (1:2). Dimana masing-masing terdiri dari 3 kelompok. Dengan demikian penelitian ini terdiri dari 15 unit percobaan. Setiap unit percobaan terdiri dari 4 tanaman dan 3 diantaranya dijadikan tanaman sampel. Jadi jumlah tanaman keseluruhan 60 tanaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan pupuk kandang memberikan pengaruh yang nyata terhadap panjang tunas, jumlah tunas, umur muncul tunas, jumlah daun dan panjang akar. Perlakuan yang terbaik terdapat pada perlakuan R2 dengan panjang tunas 7,7 cm, jumlah tunas 2,7 batang, umur muncul tunas 16,16 hst, jumlah daun 4,3 helai dan panjang akar 9,0 cm.

References

Damanaik, M.M.B., E.H. Bachtiar., Fauzi., Sarifuddin dan H. Hamidah. 20111. Kesuburan Tanah dan Pemupukan. USU Press, Medan.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura,2007. Kabupaten Kuantan Singingi

Dinas peternakan Kabupaten Kuantan singingi 2016.

Dinas Pertanian Tanaman Pangandan Holtikultura,2017. Kabupaten Kuantan Singingi.Perkantoran Pemda. Teluk Kuantan.

Harjadi, S.S., 1991. Pengantar Agronomi. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 197 hal.
Hardjowigeno, Sarwono. 1995. Ilmu Tanah. Jakarta:Akasemika Presindo.

Lingga, P. (1991). Jenis Dan Kandungan Hara Pada Beberapa Kotoran Ternak. Pusat Pelatihan Pertanian Dan Pedesaan Swadaya (P4S) ANTANAN. Bogor.

Mayadewi, N.N.A. 2007. Pengaruh jenis pupuk kandang dan jarak tanam terhadap pertumbuhan gulma dan hasil jagung manis. Agritrop, 26 (4) :153 ± 159.

Prastowo, N. H. (2006). Tehnik Pembibitan Dan Perbanyakan Vegetatif Tanaman Buah. World Agroforestry Centre.

Rukmana, R. 2003. Jeruk Nipis, Prospek Agribisnis, Budidaya Dan Pascapanen.Yogyakarta: Kanisius.

Sarief, E. S. 1986. Kesuburan dan Pemupukan Tanah Pertanian. Pustaka Buana.

Subroto, A. Warganda, Rini Susana (2018). Respon pertumbuhan stek lada terhadap pemberian beberapa macam pupuk kandang pada tanah pedsolid merah kuning. Fakultas Pertanian Universitas Tanjung Pura Pontianak.

Widowati, L.R., Sri Widati, U. Jaenudin, dan W. Hartatik. 2005. Pengaruh Kompos Pupuk Organik yang Diperkaya dengan Bahan Mineral dan Pupuk Hayati terhadap Sifat-sifat Tanah, Serapan Hara dan Produksi Sayuran Organik. Laporan Proyek Penelitian Program Pengembangan Agribisnis, Balai Penelitian Tanah, TA 2005.
Published
2022-03-20