ANALISIS PEMASARAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DI DESA TITIAN MODANG KECAMATAN KUANTAN TENGAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Fungsi-fungsi pemasaran, 2) tingkat marjin pemasaran, 3) share petani dan 4) efisiensi pemasaran ikan nila di Desa Titian Modang Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran I besarnya total biaya pemasaran sebesar Rp.3.970,51/kg, marjin pemasarannya sebesar Rp.9.000,00/kg, share petani sebesar 70,00% dan efisiensi pemasarannya adala 13,24%. Pada saluran pemasaran II besarnya total biaya pemasaran sebesar Rp.3.249,58/kg, marjin pemasarannya sebesar Rp.5.000,00/kg, share petani sebesar 82,14% dan efisiensi pemasarannya adala 11,61%. Sedangkan disaluran pemasaran III besarnya total biaya pemasaran sebesar Rp.107,14 /kg, marjin pemasarannya sebesar Rp.0/kg, share petani sebesar 100% dan efisiensi pemasarannya adalah 0,43%. Maka, saluran pemasaran III ikan nila lebih efisiensi dibandingkan dengan saluran pemasaran I dan II dalam artian untuk memperoleh penerimaan 100% dibutuhkan biaya sebesar 0,43%. Nilai marjin pemasaran pada berbagai saluran tersebut berbeda disebabkan adanya perbedaan panjang pendek rantai pemasaran dan aktivitas-aktivitas yang telah dilaksanakan serta keuntungan yang diterima oleh lembaga pemasaran yang terlibat.
Downloads
References
Badan Pusat Statistik Kuantan Singingi . 2019. Jumlah Perusahaan Budidaya Perikanan menurut Jenis Budidaya.
Limbong dan Sitorus, 1987. Pengantar Tataniaga Pertanian. Jurusan Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Sutarno. 2014. Analisis Efisiensi Pemasaran Kedelai di Kabupaten Wonogiri. E- Journal Agrineca.