ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN CABE MERAH DI PASAR BENAI KECAMATAN BENAI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Muhammad Azwan Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Kepuasan Konsumen, Cabe Merah, IPA, CSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepentingan dan kinerja konsumen terhadap produk cabe merah di Pasar Benai.Untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen yang membeli cabe merah yang ada di Pasar Benai. Metode dalam penelitian ini adalah metode skala likert, Important dan Performance Anaysis (IPA), dan metode indeks Kepuasan Pelanggan atau Costumer Satisfaction Indeks (CSI). Hasil Penelitian menunjukkan Tingkat kepentingan konsumen cabe merah di Pasar Benai Kecamatan Benai dengan rata-rata 109,9 dengan kriteria skor sangat penting. Dan tingkat kinerja konsumen cabe merah di Pasar Benai yaitu dengan jumlah rata-rata 108,9 dengan kriteria sangat puas, dan hasil analisa CSI tingkat kepuasan konsumen sangat puas terhadap dengan nilai indeks kepuasan konsumen adalah sebesar 91,07 %. Dimana nilai ini berada pada range indeks kepuasan konsumen 75% - 100% yaitu termasuk pada kriteria sangat puas terhadap produk cabai merah di Pasar Benai. Atribut cabai yang priorias utama adalah harga dan rasa, atribut yang berada di prioritas prestasi adalah kualitas, warna, dan kebersihan, atribut yang berada di prioritas rendah adalah pelayanan, dan atribut yang dinyatakan berlebihan adalah ukuran.

References

Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja. Jakarta: raja Grafindo Persada

Supomo dan Indrantoro. 2009. Metode Penelitian. Jakarta. PT Gramedia

Sunyoto dan Danang. 2013. Perilaku Konsumen(Panduan Riset Sederhana untuk mengenali Konsumen).PT Buku Seru. Jakarta.

Moehar .2002.Metode Penelitian Sosial Ekonomi.Jakarta : Bumi Aksara
Published
2022-11-07